Parlementaria DPRD Dumai

    Wakil Ketua DPRD Dumai Menjangkau Pinggiran Demi Suksesi Pembangunan

    Senin, 16 Juli 2018 - 13:47 Editor : Redaksi Dibaca : 43 Views

    Menit.co.id Wakil Ketua DPRD Dumai Zainal Abidin SH menjemput aspirasi masyarakat di Kelurahan Batu Teritip, Kecamatan Sungai Sembilan bersama Walikota Dumai Zulkifli AS, dalam rangkan suksesi pembangunan bagi daerah pinggiran Kota Pelabuhan dan Industri ini.

    Kondisi jalan darat ke Kelurahan Batu Teritip sangat tidak memungkinkan untuk dilalui dua pejabat negara bersama rombongan untuk menemui rakyatnya, jalan alternatif menggunakan transportasi laut menjadi akses utama mereka agar bisa bertemu dengan rakyatnya.

    Sesampai dilokasi kunjungan itu, kedua pemimpin rakyat ini langsung disambut masyarakat setempat. Mereka dijemput ditepi pelabuhan kecil yang menjadi tempat naik turunnya penumpang yang menggunakan transporasi laut ke Kelurahan Batu Teritip tersebut.

    Zainal Abidin, pada kegiatan itu banyak menerima aspirasi mengenai kondisi akses jalan, pendidikan dan kesehatan. Menurut masyarakat yang mayoritasnya sebagai petani sangat berharap adanya pembangunan infrastruktur jalan menuju tempat mereka.

    Pasalnya, selama ini masyarakat mengalami kesulitan untuk membawa hasil panennya untuk dijual ke agen atau penampungan. Maka dari itu, persoalan jalan menjadi topik utama pada pertemuan yang dilakukan bersama masyarakat di Kelurahan Batu Teritip.

    “Kami sudah sepakat dengan pak Walikota Dumai yang kebetulan ikut dalam agenda ini untuk bersama-sama memperjuangkan pembangunan jalan menuju Kelurahan Batu Teritip. Mudah-mudahan bisa segera terwujud dan bisa memudahkan masyarakat membawa hasil panennya,” ucapnya.

    Mengenai masalah dunia pendidikan, kata dia, sangat jelas Pemerintah Kota Dumai konsen untuk meningkatkan kualitas dunia pendidikan di Kota Dumai dengan cara membangun sekolah baru di daerah pinggiran dalam rangka menciptakan SDM handal.

    “Tahun ini ada pembangunan ruang laboratorium SDN 018 Batu Teritip. Ini kan sudah jelas bukti perhatian pemerintah daerah terhadap masyarakat yang tinggal di Kelurahan Batu Teritip. Jadi masalah pendidikan saya rasa sudah tidak ada masalah,” jelasnya.

    Selanjutnya masalah kesehatan, kata politikus Partai PAN ini menjelaskan, kesehatan merupakan modal utama bagi pemerintah memberikan kesehatan yang sempurna bagi masyarakatnya. Oleh karena itu, sudah saatnya ada pusat kesehatan lengkap di daerah ini.

    “Kami minta kepada Walikota Dumai untuk segera mewujudkan pembangunan pusat kesehatan yang lengkap bagi masyarakat disini. Kalau sudah lengkap baik itu alat, obat dan tenaga medisnya, tentunya masyarakat yang berobat tidak lagi menempuh perjalanan jauh,” bebernya.

    Lebih lanjut lagi mengenai normalisasi parit, kata dia, akan diakomodir secara bertahap melalui anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) setiap tahunnya. Normalisasi ini menurutnya sangat penting dilakukan guna menghindari ladang petani terkena dampak banjir.

    “Kita sudah berikan masukan dan solusi kepada masyarakat, soal jalan dan normalisasi akan kita upayakan di perubahan APBD 2018 ini nanti. Terkait infrastruktur lain akan diakomodir melalui bertahap ketika sudah membahas anggaran untuk pembangunan,” jelasnya.

    “Tentunya dalam mengambil APBN ada strategi yang dijalankan DPRD Kota Dumai dan Pemerintah Kota Dumai. DPRD dan Pemerintah Daerah sama-sama memiliki peran dalam terlaksananya pembangunan di daerah, sesuai fungsi dan tupoksinya masing-masing,” pungkasnya.

    Rubah Lahan Tidur Jadi Ladang Subur

    Walikota Dumai Zulkifli AS dalam kesempatan yang sama menyampaikan aspirasi kepada masyarakat di Kelurahan Batu Teritip, yang mana selama ini bergantung untuk memenuhi kebutuhan hidup dari hasil pertanian tersebut. Apalagi, telah berhasil mengolah lahan menjadi ladang subur.

    “Kegigihan masyarakat perlu kita apresiasi karena telah berhasil merubah lahan tidur menjadi ladang yang subur. Apalagi sejak 2008, rintisan lahan pertanian masyarakat telah menghasilkan panen cukup bagus dan berkualitas,” kata orang nomor wahid di Kota Dumai ini.

    Dijelaskannya, beras hasil panen warga ini sangat bagus dan rasanya enak, meskipun mereka melakukan penanaman secara swadaya dengan kelompok tani mereka mampu membuka lahan yang luas dan menghasilkan beras yang berkualitas.

    “Ini akan kita dukung, kita akan akomodir kebutuhan warga diantaranya pengendalian air dan normalisasi saluran air sungai. Maka dari itu, sangat sepakat dengan apa yang disampaikan pak Wakil DPRD Dumai, melalui secara bertahap untuk usalan pembangunan di daerah ini,” ujarnya.

    Sejumlah tokoh agama dan masyarakat mengaku terharu atas kedatangan Wakil Ketua DPRD Dumai Zainal Abidin SH bersama Walikota Dumai Zulkifli AS beserta rombongan untuk menemui warganya di Kelurahan Batu Teritip, Kecamatan Sungai Sembilan ini.

    Turut hadir pada kesempatan tersebut, Camat Sungai Sembilan, Zulkarnain, Lurah Batu teritip, Kadis Pertanian, Kadishub dan sejumlah pegawai Dumai tampak berbaur bersama masyarakat untuk menikmati hidangan hasil panen masyarakat di daerah tersebut.***(Parlementaria DPRD Dumai)



    Komentar Pembaca: