Aung San Suu Kyi Akhirnya Buka Suara Soal Krisis Rohingya

    Rabu, 6 September 2017 - 21:01 Editor : Redaksi Dibaca : 357 Views

    Menit.co.id – Tokoh pro demokrasi Myanmar Aung San Suu Kyi akhirnya menanggapi krisis yang dialami minoritas muslim Rohingya di negaranya.

    Kantor Aung San Suu Kyi dalam pernyataannya di laman Facebook hari ini mengatakan dia sudah berbincang (via telepon) dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan tentang krisis Rohingya.

    Dikutip dari laman the Guardian, Rabu (6/9), Suu Kyi mengatakan pemerintahnya sudah berbuat maksimal untuk melindungi warga di Negara Bagian Rakhine. Dia juga menuturkan jangan sampai ada informasi keliru yang diciptakan untuk memperkeruh suasana.

    Yang dimaksud Suu Kyi adalah foto yang sempat diunggah wakil Perdana Menteri Turki yang memperlihatkan korban tewas warga Rohingya di Myanmar, padahal foto itu adalah korban tewas di negara lain.

    “Informasi palsu semacam itu hanyalah puncak dari gunung es yang diciptakan untuk menimbulkan masalah di sesama komunitas dan bertujuan mendukung kepentingan teroris,” kata dia.

    Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres hari ini mengeluarkan surat yang meminta otoritas Myanmar mengakhiri kekerasan yang menurut dia bisa mengancam keamanan kawasan.

    Gelombang pengungsi Rohingya ke Bangladesh dimulai sejak 25 Agustus lalu setelah kelompok militan Rohingya menyerang puluhan pos polisi.

    Tindakan itu dibalas dengan serbuan militer dan warga sipil bersenjata ke desa-desa Rohingya.

    Sejumlah foto satelit memperlihatkan banyak desa Rohingya musnah dibakar diduga oleh militer Myanmar.

    (mdk/mdk)



    Komentar Pembaca: