George Clooney Aktor Berpenghasilan Tertinggi 2018

    Selasa, 4 September 2018 - 11:30 Editor : Redaksi Dibaca : 54 Views

    Menit.co.id Mungkin dalam beberapa tahun belakangan, film yang dibintangi George Clooney terbilang kurang sukses di pasaran. Namun, tidak dengan pendapatan yang dihasilkannya.

    Berkat penjualan dari Casamigos Tequilla miliknya senilai US 1 miliar, Clooney mencetak pendapatan tertinggi dibandingkan dengan para aktor di dunia, yaitu US$ 239 juta atau setara Rp 3,5 triliun antara 1 Juni 2017 hingga 1 Juni 2018.

    Angka itu menempatkan aktor berusia 57 tahun menduduki peringkat teratas dalam daftar tahunan aktor berpendapatan tinggi versi Forbes. Casamigos didirikan pada 2013 oleh Clooney bersama dua temannya, yaitu Rande Gerber dan taipan real estat Mike Meldman. Menurut sumber yang dekat dengan bisnis, trio itu menginvestasikan US$ 600.000 masing-masing dan memiliki saham yang sama di perusahaan sebelum akuisisi.

    Sedangkan Dwayne “The Rock” Johnson berada di posisi kedua daftar aktor berpendapatan tertinggi dengan mencetak US$ 124 juta. Sebagian besar pendapatan itu berasal dari akting berbagai film.

    Termasuk pendapatan dari Jumanji: Welcome to the Jungle. Daya tawar Dwayne semakin tinggi dalam pendapatan mengingat banyaknya pengikut media sosialnya, sehingga ia pun mampu menggandakan pendapatan yang diperolehnya pada 2017.

    Media sosial telah menjadi elemen paling penting dari pemasaran film bagi saya. Saya telah membangun kesetaraan media sosial dengan pemirsa di seluruh dunia bahwa ada nilai dalam apa yang saya sampaikan kepada mereka,” papar Dwayne.

    Uniknya, dalam daftar tersebut beberapa aktor yang bermain di film Avengers yang memang sukses mendulang banyak uang. Sebut saja Robert Downey Jr yang mengantongi US$ 81 juta berada di peringkat ketiga.

    Hal itu berkat aktingnya sebagai Iron Man. Ada pula Chris Hemsworth di posisi keempat dengan pendapatan US$ 64,5 juta. Hemsworth mendapatkan karier terbaik berkat pendapatannya dari film-film Marvel seperti Thor: Ragnarok. Ditambah lagi Chris Evans sebagai Captain America yang menempati posisi kesepuluh dengan pendapatan US$ 34 juta.

    Ada pula Will Smith yang masuk kembali dalam daftar setelah tahun lalu ia keluar. Tahun ini, Will Smith menempati peringkat keenam dengan pendapatan US$ 42 juta.

    Bintang internasional juga masuk dalam daftar tersebut. Salah satunya adalah Jackie Chan yang berada di peringkat kelima dengan pendapatan sebesar US$ 45,5 juta. Angka itu menjadikannya sebagai bintang film top Tiongkok. Dia muncul dalam enam film yang dirilis pada 2017 dan tambahan pendapatan dari sejumlah endorsement, serta sebagai produser.

    Jika ditotal, 10 aktor dengan pendapatan tertinggi di dunia itu mencapai US$ 748,5 juta pada 1 Juni 2017 hingga 1 Juni 2018. Angka tersebut sebelum biaya dan pajak. Pendapatan para aktor itu, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan para top 10 aktris dunia. Sebab, para aktris itu yang hanya mampu menorehkan pendapatan US$ 186 juta atau hanya seperempat dari top 10 aktor dalam periode yang sama.

    Ketimpangan pendapatan tersebut dikarenakan kurangnya kesempatan para aktris bermain dalam film franchise yang sudah berjalan lama atau film aksi. Namun itu juga menunjukkan bahwa bahkan di antara jutawan, kesenjangan gaji gender tetap ada.

    Menurut data 2017 dari Biro Sensus AS, perempuan memperoleh 80,5 sen untuk setiap satu dolar AS yang dihasilkan pria pada 2016. Jurang itu semakin dalam untuk wanita Afrika-Amerika, penduduk asli Amerika dan Latin.

    Perkiraan penghasilan didasarkan pada data dari Nielsen, ComScore, Box Office Mojo dan IMDB, serta wawancara dengan orang dalam industri. Semua angka adalah sebelum pajak, biaya untuk agen, manajer, dan pengacara tidak dikurangi.

    Top 10 Aktor Berpendapatan Tinggi 2018 versi Forbes
    1. George Clooney US$ 239 juta
    2. Dwayne ‘The Rock’ Johnson US$ 124 juta
    3. Robert Downey Jr US$ 81 juta
    4. Chris Hemsworth US$ 64,5 juta
    5. Jackie Chan US$ 45,5 juta
    6. Will Smith US$ 42 juta
    7. Akhsay Kumar US$ 40,5 juta
    8. Adam Sandler US$ 39,5 juta
    9. Salman Khan US$ 38,5 juta
    10. Chris Evans US$ 34 juta

    Sumber: Forbes



    Komentar Pembaca: