Jumlah Populasi Muslim AS Geser Penganut Yahudi Pada 2040

    Sabtu, 6 Januari 2018 - 17:06 Editor : Redaksi Dibaca : 319 Views

    Menit.co.id – Dalam sepuluh tahun terakhir, populasi Muslim di Amerika Serikat (AS) tumbuh begitu pesat mencapai hampir 1 juta jiwa. Jika pertumbuhan tersebut berlanjut, diprediksi jumlah Muslim bakal menggeser populasi penganut Yahudi di AS pada 2040 nanti.

    Dikutip dari Newsweek, berdasarkan penelitian Pew Center, populasi penduduk Muslim saat ini sekitar 1,1 persen dari total populasi AS.

    Pada 2007, diperkirakan total penduduk Muslim di AS berjumlah 2,35 juta orang. Pew Center menyebut pertumbuhan populasi Muslim lebih cepat ketimbang Yahudi.

    Pada 2050, populasi Muslim AS diprediksi mencapai 8,1 juta jiwa atau 2,1 persen dari jumlah penduduk Negeri Paman Sam. Prediksi total populasi tersebut dua kali representasi umat Islam AS hari ini.

    Menurut perhitungan Pew Center, populasi Muslim AS meningkat sekitar 100.000 orang setiap tahunnya. Kenaikan ini bukan hanya karena perpindahan agama, namun juga masuknya imigran Muslim dari berbagai negara.

    “Sementara sekitar satu dari lima orang dewasa Muslim Amerika dibesarkan dalam tradisi iman yang berbeda dan menjadi mualaf, sebaliknya, warga Amerika yang tumbuh sebagai Muslim tak lagi mengikuti ajaran keimanan Islam,” tulis Pew Center.

    Meski tumbuh secara signifikan, kejahatan dan serangan terhadap Muslim Amerika mengalami peningkatan. Pada 2016, kasus penyerangan terhadap Muslim Amerika meningkat ketimbang 2001.

    Pada 2001, umat Islam di AS menjadi `sasaran` akibat serangan teror di World Trade Center dan Pentagon.

    Sementara pada 2016, ada 307 insiden kejahatan berdasarkan kebencian terhadap Muslim, menandai kenaikan 19 persen dari 2015. Tetapi, jumlah terbesar dari semua jenis kejahatan kebencian terhadap kelompok agama ialah terhadap pemeluk Yahudi Amerika.

    “Pada 2016, ada 684 insiden kejahatan anti-Yahudi, yang menandai sedikit peningkatan dari 664 di 2015,” tulis Pew Center.

    Sumber: dream.co.id



    Komentar Pembaca: