Bank Asal Jerman Rayu Luhut Bantu BUMN Ambil Saham Freeport

    Selasa, 19 September 2017 - 20:24 Editor : Redaksi Dibaca : 228 Views

    Menit.co.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan menerima kunjungan tim dari Deutsche Bank di kantornya, Selasa (19/9).

    Bank asal Jerman tersebut merayu Luhut untuk membantu pemerintah dalam proses divestasi saham PT Freeport.

    “Deutsche Bank tadi yang datang yang berminat membantu untuk financing buat BUMN yang akan masuk” kata Luhut.

    Namun, Luhut belum bisa mengungkapkan total saham yang bisa diambil oleh BUMN. Sementara untuk pemerintah daerah diperkirakan akan mendapat jatah sekitar 5 persen.

    “Pemda kira-kira 5 persen,” pungkasnya.

    Sebelumnya, Pemerintah dan PT Freeport Indonesia telah menempuh jalur perundingan, guna menyelesaikan perselisihan yang terjadi setelah diberlakukannya Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2017.

    Dalam perundingan tersebut, Freeport sepakat beri 51 persen sahamnya ke pemerintah.

    Meski begitu, kesepakatan tersebut masih perlu pembahasan lebih lanjut terkait tahapan divestasi dan waktu pelaksanaan. Selain itu, pemerintah juga belum memutuskan pihak mana yang akan mengambil saham Freeport.

    Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan mengatakan penawaran saham diprioritaskan pada pemerintah pusat, lalu ke pemerintah daerah.

    Apabila pusat tidak berminat, kemudian prioritas berikutnya ke BUMN, BUMD, dan terakhir swasta nasional. Hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2017.

    “Divestasi siapa yang mau ambil? Terserah nanti pemerintah pusat memutuskan pengambilan saham ini, nanti dibicarakan terpisah, ini mekanismenya internal pemerintah,” ujar Jonan.

    Dia menambahkan, penawaran saham lewat Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) baru akan dilakukan bila pemerintah pusat hingga BUMD tak berminat mengambil saham Freeport.

    (mdk/mdk)



    Komentar Pembaca: