Cukai Rokok Tak Naik, Bea Cukai Genjot Berantas Rokok Ilegal

    Senin, 17 Desember 2018 - 15:28 Editor : Redaksi Dibaca : 100 Views

    Menit.co.id Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Kementerian Keuangan akan menambah upaya perburuan atas peredaran rokok ilegal. Hal itu juga merupakan salah satu upaya untuk menjaga target penerimaan cukai tembakau saat tarif cukai tidak naik di 2019.

    Kepala Subdit Tarif Cukai, Ditjen Bea Cukai (DJBC), Sunaryo mengatakan, peningkatan intensifikasi rokok ilegal sudah dilakukan pihaknya sejak tahun ini. Ada beberapa operasi yang digelar salah satunya operasi Gempur.

    “Untuk 2018 dengan upaya yang sangat terstruktur dengan Operasi Gempur. Sehingga bagaimana kita bisa mengontrol yang tidak bayar cukai. Ini Inaya Allah 2018 penerimaan bisa kita capai,” ujarnya di Gedung BEI, Jakarta, Senin (17/12/2018).

    Sunaryo menjelaskan target penerimaan cukai tahun ini sebesar Rp 165 triliun, sementara khusus cukai dari rokok sebesar Rp 148 triliun. Pihaknya pun yakin target itu bisa tercapai.

    Upaya penertiban rokok ilegal yang dia sebut “di luar kandang” itu akan lebih ditingkatkan di 2019. Tujuannya agar mereka patuh dan membayar tarif cukai.

    Menurut hasil survei yang dilakukan Universitas Gadjah Mada (UGM) jumlah rokok ilegal di tahun ini sekitar 7,04% dari total rokok yang ada. Persentase ini turun dibanding dengan tahun 2016 sebanyak 12,14%.

    “Kami tidak menganggap kecil masalah rokok yang ilegal, kami akan terus tekan. Bu Menteri menargetkan 2019 hanya 3%. Ini upaya luar biasa. Kalau bisa ditekan bisa menambah penerimaan,” tambahnya.

    Selain menambah penerimaan cukai, penindakan atas rokok ilegal juga dipercaya bisa mengurangi tingkat konsumsi rokok. Sebab rokok ilegal itu akan semakin mahal ketika sudah membayar cukai.

    (Detik Finance)



    Komentar Pembaca: