Desa Termiskin Bakal Dapat Dana Desa Lebih Banyak di 2019

    Minggu, 1 April 2018 - 20:58 Editor : Redaksi Dibaca : 253 Views

    Menit.co.id Format pembagian dana desa pada tahun 2019 mendatang akan dirubah. Nantinya, pemerintah akan memberikan dana lebih banyak kepada desa termiskin dibanding desa yang sudah mapan ekonominya.

    Seperti ditegaskan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati beberapa waktu lalu, bahwa desa yang tingkat kemiskinannya tertinggi bakal mendapat alokasi dana desa paling besar sebab untuk dapat mengejar ketertinggalannya.

    “Pemerintah sangat berkomitmen meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, hal ini ditandai dengan rencana pemerintah pusat menaikkan anggaran dana desa pada 2019,” kata Sri Mulyani, Minggu (1/4/2018).

    Dalam perencanaannya, pemerintah pusat akan menaikkan dana desa pada tahun 2018 dari sebesar Rp60 triliun menjadi Rp75 triliun pada 2019.

    Menurut Sri Mulyani, program pembanguan yang dilaksanakan harus tetap fokus pada pembangunan masyarakat desa melalui mekanime swakelola, pemanfaatan bahan baku lokal dan skema padat karya yang produktif.

    Peningkatan kesejahteraan desa dibuktikan dengan skema yang memungkinkan Dana Desa tahap I bisa disalurkan 20 persen mulai Januari. Tahap kedua sebesar 40 persen paling cepat pada Maret dan paling lambat minggu keempat bulan Juni. Tahap III paling lambat bakal cair pada Bulan juli.

    Tahun lalu pemerintah menargetkan bakal meningkatkan kucuran Dana desa pada 2018 sebesar Rp120 triliun. Tetapi realisasi angka ini dibatalkan karena desa-desa dianggap belum memiliki kemampuan mengelola dana sebesar itu. Akhirnya pemerintah memutuskan tahun 2018 ini dana desa tetap pada angka Rp60 triliun.

    Dalam kesempatan itu, Sri Mulyani mengatakan, pada tahun 2019 direncanakan dana desa bakal naik menjadi Rp75 triliun dan bakal diturunkan ke desa-desa dengan skema yang berbeda dengan pola pada 2017 dan 2018.

    “Tahun 2019, desa paling miskin bakal menjadi prioritas dengan mendapatkan porsi dana yang lebih besar dibanding desa lain yang sudah lebih kuat secara ekonomi,” jelasnya.

    Namun, bagaimana kesiapan desa sangat tertinggal itu dalam mengelola dana desa yang lebih besar dibanding desa lain. Soalnya, salah satu penyebab ketertinggalan kesejahteraan ekonomi desa adalah keterbatasan sumber daya yang dimilikinya.

    Source: NetralNews



    Komentar Pembaca: