Pemerintah Indonesia dan Jepang Sepakati Tiga Proyek Selesai Tepat Waktu

    Rabu, 27 September 2017 - 11:33 Editor : Redaksi Dibaca : 179 Views

    Menit.co.id – Pemerintah Indonesia dan Jepang menyepakati tiga proyek yang selesai tepat waktu. Tiga proyek tersebut, yaitu MRT Jakarta, Kereta Semicepat Jakarta- Surabaya, dan Pelabuhan Patimban.

    Hal ini diketahui usai Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan bilateral meeting dengan Menteri Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata Jepang Takao Makino di Asia-Europe Meeting Transport Minuster Meeting (ASEM TMM) di Denpasar.

    “Kami telah melakukan rapat yang sangat intensif dengan Jepang terkait dengan tiga proyek, yaitu MRT, Pelabuhan Patimban, dan Kereta Jakarta-Surabaya. Jepang sudah menyepakati seluruh proyek itu akan berjalan sesuai dengan jadwal, yakni untuk MRT akan beroperasi Maret 2019, untuk Patimban juga sesuai dengan rencana, masalah sudah diatasi,” katanya dikutip Antara, Rabu (27/9).

    Menhub Budi menegaskan kecenderungan pemerintah Indonesia untuk menggunakan jalur yang sudah ada atau eksisting juga telah disepakati oleh pemerintah Jepang. Untuk itu, lanjutnya, pihaknya perlu menyelesaikan permasalahan perlintasan sebidang dan baru bisa beroperasi pada tahun 2020.

    Adapun proyek Pelabuhan Patimban, Menhub berharap lebih cepat dan pencairan pinjaman pada Oktober mendatang. Jadi, proyek tersebut bisa dilelang Desember atau Januari 2018.

    Namun, untuk operator sendiri, kata Budi, belum ditentukan, baik pihak Indonesia maupun Jepang. Budi juga membahas terkait dengan transport oriented development, yaitu kawasan terpadu dengan pusat transportasi dan meminta dukungan terhadap pencalonan anggota Dewan Organisasi Maritim Internasional (IMO) pada November mendatang.

    Dalam kesempatan sama, Menteri Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata Jepang Takao Makino berharap kerja sama tersebut bisa memperkuat hubungan Indonesia-Jepang yang sudah berjalan 60 tahun.

    “Hari ini dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah memperdalam tiga proyek. Saya rasa ketiganya akan berjalan sesuai dengan jadwal,” katanya.

    Takao berkomitmen akan selalu mendukung program-program serta proyek-proyek kerja sama Indonesia-Jepang agar bisa menuai manfaat dan tujuan kedua negara bisa tercapai.

    (ant/ant)



    Komentar Pembaca: