Pertamina Bakal Bangun PLTS di Seluruh Kilang Minyak

    Kamis, 22 Februari 2018 - 21:53 Editor : Redaksi Dibaca : 218 Views

    Menit.co.id – PT Pertamina (Persero) berencana untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di beberapa kilang minyak untuk memasok kebutuhan listrik perusahaan plat merah itu.

    Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko Pertamina Gigih Prakoso menyatakan saat ini penggunaan PLTS di Kilang Cilacap telah membantu penghematan perusahaan sebesar 10% hingga 15%.

    “Di Kilang Bontang nanti juga akan kita bangun, dan nanti semua kilang kita bangun juga,” jelas Gigih di Hotel Kempinski, Kamis (22/2/2018).

    Penggunaan PLTS oleh Pertamina sampai saat ini masih bersifat on use atau digunakan untuk kebutuhan perusahaan saja. Untuk komersial, mereka masih enggan dengan alasan harga keekonomian.

    “Harga jual, keekonomiannya 10-11 sen per kWh. Bahkan bisa sampai 14 sen kalau mau dapat margin besar. Kalau sekarang PLN kan masih beli di kisaran 6 sen hingga 7 sen,” kata Gigih.

    Gigih menjelaskan, untuk di wilayah Indonesia bagian timur, mungkin bisa membeli lebih tinggi karena perbandingan harga batu bara dan solar yang lebih tinggi. Sebab, di sana infrastruktur masih minim sehingga permintaan tergolong kecil.

    (cnbc/cnbc)



    Komentar Pembaca: