Cara Meringkas Kehidupan Jadi Lebih Mudah Tanpa Banyak Barang

    Rabu, 17 Oktober 2018 - 12:49 Editor : Redaksi Dibaca : 80 Views

    Menit.co.id Tidak sedikit yang beranggapan jika makin banyak barang yang dimiliki, artinya makin bahagia. Sayangnya, kebanyakan yang terjadi justru sebaliknya.

    Ladies jadi terobsesi memiliki barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan hanya untuk mempertahankan gengsi, tanpa memperhitungkan keuangan pribadi.

    Akibatnya, kamu jadi rentan stres dan bikin kehidupan jauh dari tenang. Ubah sekarang juga dan miliki hidup yang lebih bahagia tanpa harus dikelilingi oleh barang-barang.

    Buat Inventaris

    Ladies akan kesulitan memutuskan apa yang harus diringkas sampai memiliki daftar semua barang. Langkah pertama untuk hidup minimalis adalah melangkah mundur dan amati.

    Periksa rumah, barang-barang, gaya hidup, dan sikapmu. Jika memiliki jenis barang yang sama, kesulitan menemukan tempat penyimpanan, hingga bingung mencari barang yang dibutuhkan, ini saat tepat untuk melangkah mundur dan mengamati.

    Mulai Meringkas Jumlah Barang

    Keinginan untuk hidup lebih ringkas mau tidak mau memaksamu merelakan membuang banyak hal. Memulainya merupakan bagian tersulit dari tahap ini. Miliki komitmen yang kuat untuk menyingkirkan barang dengan jenis yang sama, membuang hal-hal yang tidak pernah digunakan dalam periode tertentu, hingga melepaskan barang-barang yang tidak membuatmu bahagia.

    Pikir Sebelum Membeli Barang

    Selalu ada alasan yang ditemukan oleh Ladies saat menemukan barang-barang kesukaan. Sebelum memutuskan untuk isi emoney via Tokopedia untuk melakukan pembayaran, tanyakan pada diri sendiri apa dorongan untuk membelinya. Mulai dari alasan diskon, tergiur penawaran yang menarik, ikut-ikutan tren, atau benar-benar membutuhkannya. Walau terasa berat, tapi cara ini dapat mencegahmu menambah lebih banyak barang ke dalam hidupmu.

    Pilih Produk Berkualitas

    Ada harga ada rupa. Tidak sedikit yang memilih membeli barang dengan harga miring namun kualitasnya jelek atau mudah rusak, lalu dibiarkan tertumpuk begitu saja. Ganti kebiasaan ini dengan meluangkan waktu dan dana untuk menemukan barang-barang berkualitas tinggi. Hal ini cukup efektif mencegahmu berbelanja terlalu sering untuk menggantikan barang yang rusak.

    Salah satu contohnya, alat-alat elektronik rumah tangga. Jangan hanya mempertimbangkan potongan harga yang besar, tapi juga kualitas yang dimiliki, seperti daya tahan atau daya yang rendah sehingga bayar listrik berlangganan tiap bulan pun jadi lebih irit.

    Rutin Mengevaluasi Barang

    Secara teratur, evaluasi barang-barang yang menjadi beban yang tidak diinginkan dalam hidup. Misalnya menata lemari setiap beberapa bulan sekali untuk menyingkirkan pakaian yang sudah tidak digunakan lagi. Bisa juga menggunakan aturan one in one out, yang berarti menyingkirkan barang lama untuk memberi ruang pada yang baru.

    Hidup tanpa banyak barang bisa jadi salah satu cara meraih kebahagiaan, #MulaiAjaDulu dari Tokopedia. Berbagai layanan yang ditawarkan ditujukan untuk mempermudah segala urusan, mulai dari top up e-money yang bisa digunakan untuk berbagai transaksi hingga membayar aneka tagihan seperti listrik dengan mudah, cepat, dan praktis. Siap mencobanya, Ladies?

    (vem/eth/rau)



    Komentar Pembaca: