Empat Kriterian Ini Paling Banyak Dicari Ibu-ibu di Google

    Kamis, 22 Februari 2018 - 21:56 Editor : Redaksi Dibaca : 235 Views

    Menit.co.id – Berdasarkan data yang dimiliki Google pada 2018, sebanyak 8 dari 10 atau 79 persen pengguna internet Indonesia menggunakan internet setiap hari terutama melalui smartphone. Angka tersebut naik 22 persen dari tahun sebelumnya.

    Google juga menemukan kalau 1 dari 4 pengguna internet adalah seorang ibu. Apa biasanya yang dicari seorang ibu melalui internet? Apakah diskon atau justru hal lainnya? Berikut empat hal yang paling banyak dicari ibu zaman now di Google.

    1. Soal Parenting
    Menurut Ariani Dwijayanti selaku Industry Analyst dari Google Indonesia, hal-hal terkait parenting atau family paling banyak dicari ibu di era milenial ketika menggunakan internet.

    “Parenting terbesar karena moms itu kan family focus ya, topik parenting terus naik setiap tahunnya. Dari 2016 sampai 2017 pencarian mengenai topik parenting naik 26% per tahun. Lebih dari 50% mencari soal kehamilan,” jelas Ariani saat ditemui CNBC Indonesia di The Ice Palace, Mal Lotte Shopping Avenue, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (22/2/2018).

    2. Resep Masak
    Selain soal parenting, ibu-ibu di Indonesia suka mencari resep masak lewat internet. Tak dipungkiri kalau internet memudahkan mereka mendapatkan berbagai resep masak. Tidak hanya itu, kepraktisan hanya tinggal klik juga memudahkan para ibu menemukan resep sesuai selera mereka.

    3. Entertainment
    Ariani menuturkan kalau seorang ibu juga butuh hiburan. Berdasarkan penemuan yang ditelusuri Google, ibu zaman now suka mencari hiburan atau me time dengan berselancar di internet tidak melulu pergi ke salon.

    “Ketiga itu entertainment, moms butuh entertainment terutama yang kegiatannya sibuk banget. Mereka butuh me time lewat online. Mereka memilih nonton video di YouTube kayak channel-channel seperti talkshow atau reality show,” ujarnya.

    4. Ragam Tutorial untuk Wanita
    Ariani mengingatkan kalau ibu-ibu dasarnya juga wanita yang memiliki keinginan mempercantik diri. Hal keempat yang paling banyak dicari di Google oleh ibu zaman now adalah tutorial baik beauty maupun fashion.

    Ariani menambahkan, keempat poin tersebut didapatkan dari agregat data yang dimiliki Google, dan tak ada penggunaan data personal ketika melakukan penelitian soal prilaku para pengguna internet.

    “Di Google itu ada tools internal. Google juga ada platform Google Search, YouTube, dan Google Display Network. Dari ketiga platform, orang cenderung pindah-pindah antara tiga platform iyi. Nah secara agregat, Google ada semacam mesin learning untuk bisa memprediksi dari semua yang dia cari kontennya seorang ibu atau bukan. Kalau orangnya sering search tentang anak kemungkinan besar dia ibu atau wanita, jadi kita punya tools seperti itu buat tahu ini kalangan ibu dan behavior-nya seperti apa,” paparnya lagi sebelum menutup perbincangan.

    (cnbc/cnbc)



    Komentar Pembaca: