Anda Wajib Konsumsi 5 Jenis Makanan untuk Ginjal Sehat

    Rabu, 29 Agustus 2018 - 12:27 Editor : Redaksi Dibaca : 78 Views

    Menit.co.id Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting, bahkan sama pentingnya seperti jantung. Ginjal mempunyai peran penting untuk mengatur keseimbangan asam dan basa, mengatur tekanan darah, mempertahankan kalsium bagi tulang, dan merangsang sumsum tulang agar dapat membuat sel darah merah.

    Seseorang dengan masalah ginjal akan mengalami banyak sekali kesulitan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Masalah yang terjadi mulai dari kesulitan buang air kecil, pembengkakan kelopak mata, kaki dan tangan. Oleh karena itu, kita dituntut untuk selalu menjaga kesehatan ginjal agar selalu berfungsi dengan baik.

    Berikut 5 makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mempertahankan ginjal sehat:

    1.  Putih telur
    Jika Anda mengalami masalah ginjal, Anda membutuhkan protein dengan kandungan fosfor sedikit. Makanan yang cocok adalah putih telur karena putih telur kaya akan protein tetapi memiliki kandungan fosfor lebih rendah dibandingkan sumber protein lainnya. Satu hal yang perlu diingat orang-orang yang memiliki masalah ginjal harus menghindari kuning telur.

    2.  Kembang kol
    Cara termudah untuk makan kembang kol adalah dengan merebus kemudian menambahkan merica dan garam. Kembang kol memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang dapat mencegah perkembangan radikal bebas di tubuh Anda. Kembang kol juga kaya akan kandungan indoles , glucosinolates dan tiosianat yang dapat membuang zat beracun dalam tubuh Anda.

    3.  Kubis
    Kubis memiliki senyawa fitokimia yang dapat melawan radikal bebas. Radikal bebas sanagt berbahaya bagi tubuh karena dapat merusak tubuh dan kulit. Pada dasarnya, setiap buah dan sayuran dapat melawan radikal bebas tapi kubis mentah memiliki zat antioksidan tinggi untuk membuat sehat ginjal. Kubis mentah sangat baik untuk dikonsumsi sebelum menjalani proses cuci darah.

    4.  Ikan
    Ikan sangat baik untuk ginjal karena ikan mengandung asam lemak omega 3 yang dapat mengurangi masalah pada ginjal. Ikan juga salah satu sumber protein yang cukup aman dimakan oleh seseorang dengan masalah ginjal.

    5.  Jus buah atau jus sayuran
    Baik jus buah atau jus sayur, keduanya memiliki sifat untuk melawan radikal bebas. Jus sayuran khususnya, memiliki senyawa fitokimia sangat baik dikonsumsi oleh seseorang yang akan menjalani proses cuci darah dan juga mampu membantu mencegah terjadinya gagal ginjal. Sementara jus buah kaya antioksidan yang bisa menghindari masalah ginjal dan meningkatkan kesehatan ginjal.

    Sumber: healthmeup



    Komentar Pembaca: