Kiat agar Anda Tidak Kena Penyakit Lewat Makanan

    Selasa, 30 Januari 2018 - 20:43 Editor : Redaksi Dibaca : 196 Views

    Menit.co.id – Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penyakit yang dialami oleh seseorang biasanya berawal dari makanan yang dikonsumsinya.

    Dalam dunia medis, ini disebut sebagai foodborne illness (penyakit bawaan pangan), atau gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh konsumsi makanan yang telah terkontaminasi bakteri berbahaya, parasit, virus, atau bahan kimia.

    Di Amerika Serikat, terdapat 48 juta kasus foodborne illness yang menyebabkan 128.000 orang dirawat dan 3.000 orang meninggal dunia setiap tahunnya. Di Indonesia, data ini belum terlalu jelas. Namun tetap saja mengkhawatirkan.

    Gejala-gejala penyakit ini mencakup diare, mual, muntah-muntah, nyeri perut, demam dan nyeri kepala. Umumnya gejala ini mirip dengan penyakit saluran cerna lain, sehingga sulit untuk dibedakan.

    Oleh sebab itu, The United States Department of Agriculture (USDA) menganjurkan masyarakat untuk melakukan beberapa langkah aman dalam pengolahan dan penyimpanan makanan.

    Berikut ini beberapa langkah dikutip dari klikdokter.com, yang dianjurkan oleh USDA agar kualitas makanan selalu terjaga:

    1. Pilih makanan yang segar

    Usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan yang masa berlakunya sudah hampir habis. Jika Anda membeli makanan-makanan beku, sebaiknya jangan terlalu lama berada di suhu normal. Segera masukkan ke dalam freezer untuk mencegah berkembangnya penyakit.

    2. Kebersihan adalah yang utama

    Kebersihan adalah hal pertama yang harus Anda perhatikan saat berbicara mengenai makanan. Hal ini dimulai dari peralatan memasak, bahan makanan, hingga kebersihan tubuh orang yang memasak.

    3. Pisahkan makanan mentah

    Semua makanan mentah harus dipisahkan dari makanan lain. Ini dikarenakan makanan mentah dapat dengan mudah menyebarkan kuman ke makanan lain yang ada di kulkas. Oleh karena itu, simpan semua makanan mentah di dalam freezer.

    Perlu diingat bahwa makanan yang dapat mencetuskan foodborne illness tidak selalu memiliki rasa atau bau yang berbeda dengan makanan dalam kondisi baik. Untuk itu, kebersihan mengolah dan menyimpan makanan harus selalu menjadi prioritas Anda.

    (zik/zik)



    Komentar Pembaca: