Lakukan Hal Ini Ketika Badan Lemas karena Sering Lembur

    Senin, 5 Februari 2018 - 21:25 Editor : Redaksi Dibaca : 257 Views

    Menit.co.id – Sebagian besar pekerja, Anda pasti pernah menjalani kerja lembur. Ada banyak alasan di baliknya, mulai dari tuntutan pekerjaan yang menumpuk, ingin mendapatkan penghasilan tambahan, bahkan karena candu (workaholic).

    Tidak banyak yang menyadari bahwa kerja lembur memiliki dampak bagi kesehatan, baik dampak jangka pendek maupun panjang. Badan lemas adalah salah satu dampak yang bisa langsung dirasakan akibat kerja lembur.

    Durasi bekerja yang dapat ditoleransi oleh tiap orang adalah tidak lebih dari 40 jam per minggu. Bagi para pekerja dengan sistem gilir (shift), normalnya setiap shift tidak lebih dari 8 jam.

    Seseorang dikatakan kerja lembur atau overtime bila bekerja dengan jam kerja lebih dari 40 jam per minggu atau lebih dari 8 jam tiap shift. Bekerja lembur atau overtime terus-menerus dapat berakibat buruk bagi kesehatan Anda.

    Lembur tingkatkan risiko kecelakaan

    Berbagai bukti ilmiah telah mengungkapkannya. Studi dalam jurnal Occupational and Enviromental Medicine, menemukan bahwa bekerja lembur meningkatkan risiko seseorang mengalami kecelakaan akibat kerja dan menurunkan produktivitasnya.

    Sebuah studi yang dimuat di The Lancet pun mengatakan hal yang senada. Mereka yang bekerja lebih dari 55 jam per minggu akan berisiko mengalami penyakit jantung dan strok, dibandingkan mereka yang memiliki jam kerja normal.

    Tidak berhenti di situ, ada dampak yang langsung dirasakan oleh mereka yang bekerja lembur yaitu tubuh yang kurang bugar, badan lemas, mudah terserang penyakit, dan rasa kantuk terus-menerus.

    Hal-hal tersebut tentu sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Berikut ini hal yang berhasil dikutip dari klikdokter.com

    Bugar setelah lembur
    Memang harus diakui bahwa bekerja lembur seringkali tidak terhindarkan. Untuk itu, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut ini, agar tubuh tetap bugar setelah bekerja lembur:

    Menjaga pola makan
    Mereka yang bekerja lembur seringkali memiliki pola makan yang tidak teratur, dan kurang memperhatikan kandungan gizi di dalam makanannya. Padahal, makanan sangat penting, karena berperan sebagai ‘bahan bakar’ untuk berbagai aktivitas tubuh.

    Meskipun sedang lembur, Anda harus tetap menjaga pola makan tetap teratur, yaitu tiga kali sehari dan makan makanan bergizi seimbang. Perbanyak kandungan protein hewani dan nabati, seperti daging, ikan, tahu, tempe, dan kacang-kacangan yang berfungsi sebagai zat pembangun dalam tubuh.

    Memilih camilan yang tepat
    Selain makan teratur sebanyak tiga kali sehari, Anda dapat mengonsumsi camilan dua kali sehari di antara dua jadwal makan utama. Namun, Anda tetap harus memilih camilan sehat.

    Alih-alih mengonsumsi camilan manis yang tinggi gula, Anda lebih baik mengonsumsi buah potong, salad, atau yoghurt sebagai camilan. Camilan yang tepat dan sehat dapat ikut membantu mencegah badan lemas dan memenuhi kebutuhan serat harian Anda.

    Cukup minum air putih
    Asupan air putih juga tidak kalah penting bagi Anda. Saat lembur, banyak orang yang memilih kopi atau minuman berenergi agar tetap terjaga. Kopi memang dapat membantu Anda menghadapi pekerjaan yang menumpuk, tetapi jangan lupa untuk mencukupi asupan cairan dengan minum air putih 2-3 liter per hari. Tubuh yang selalu terhidrasi dengan baik akan terasa lebih segar sehingga bebas dari badan lemas.

    Aktivitas fisik teratur
    Hal ini memang sulit dilakukan di tengah himpitan pekerjaan dan padatnya jadwal. Namun, bukan berarti Anda tidak dapat melakukan aktivitas fisik sama sekali.

    Untuk menyiasatinya, Anda dapat melakukan jalan santai ketika pergi ke kantor, atau menggunakan tangga dibandingkan elevator. Anda juga bisa bersepeda ke tempat kerja, dan berbagai alternatif lain. Aktivitas fisik teratur akan membuat jantung dan paru-paru Anda tetap prima, sehingga aliran darah senantiasa lancar dan tubuh bebas dari rasa lemas.

    Istirahat cukup
    Hindari membawa pekerjaan hingga ke rumah. Usahakan untuk beristirahat malam 7-8 jam per hari. Lakukan sleep hygiene seperti berdoa sebelum tidur, mematikan lampu kamar, dan tidak melihat layar gawai sesaat sebelum tidur.

    Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas istirahat Anda. Istirahat yang cukup dan berkualitas akan membuat tubuh Anda siap menghadapi berbagai aktivitas keesokan harinya, dan terbebas dari badan lemas.

    Minum suplemen
    Bila diperlukan, Anda dapat mengonsumsi suplemen yang berisi multivitamin dan mineral saat bekerja lembur. Untuk kebutuhan vitamin apa yang diperlukan, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

    Kadang, Anda memang harus bekerja lembur karena beberapa tuntutan. Lakukanlah langkah-langkah di atas, agar Anda terhindar dari badan lemas usai kerja lembur. Selamat mencoba!

    (zik/zik)



    Komentar Pembaca: