Lidah Buaya Jadi Minuman Favorit Warga Pontianak

    Rabu, 23 Agustus 2017 - 17:59 Editor : Redaksi Dibaca : 181 Views

    Menit.co.id – Lidah buaya kerap identik dengan produk kecantikan seperti penyubur rambut atau perawatan kulit. Namun, hal berbeda terjadi di Pontianak, Kalimantan Barat.

    Bagi warga setempat, lidah buaya lebih populer sebagai minuman yang melepas dahaga dan baik untuk kesehatan. Oleh karenanya, tanaman bernama lain Aloe Vera itu menjadi jualan utama dan mudah ditemui di pasar Pontianak.

    Minuman dari lidah buaya pun banyak dihidangkan di rumah makan Pontianak. Biasanya pemilik restoran akan memadukannya dengan selasih dan minuman tersaji dalam keadaan dingin.

    Selain itu seseorang juga dapat menemui perkebunan lidah buaya yang sangat luas di Jalan Budi Utomo, Pontianak.

    Salah satu pemilik lahan sekaligus petani lidah buaya, Munardi, menilai, tanaman yang biasa tumbuh di daerah kering tersebut dapat meredakan panas dalam dan membersihkan paru-paru.

    “Lidah buaya biasanya diminum, tenggorokan rasanya jadi adem dan membantu membersihkan paru-paru juga,” ujarnya saat ditemui di lahan lidah buaya miliknya di Jalan Budi Utomo, Pontianak, Selasa (22/8).

    Lidah buaya juga dikatakan dapat menyembuhkan sariawan di mulut atau luka pada bagian mulut. Hal itu karena kandungan vitamin C pada lidah buaya.

    Cara membuatnya, Munardi mengatakan, seseorang dapat mengupas kulit lidah buaya (warna hijau) dan mengambil dagingnya lalu dihisap layaknya sedang mengisap tebu. Atau, kata Munardi, dapat diperas dan disajikan dalam keadaan dingin.

    “Yang diambil itu kan dagingnya, jadi dikupas, kulitnya dibuang terus ambil dagingnya,” ucapnya.

    Dilansir dari berbagai sumber, lidah buaya termasuk salah satu jenis tanaman yang laris di dunia. Sejumlah penelitian menyebutkan lidah buaya mengandung enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida. Meski demikian lidah buaya tidak memiliki kandungan vitamin D.

    Manfaat untuk kesehatan lainnya, lidah buaya dapat menyembuhkan luka pada kulit dengan cepat, menyembuhkan luka bakar dengan cepat, membantu mengatasi peradangan kulit, menghilangkan plak pada gigi hingga mengurangi gejala kanker.

    Munardi mengatakan, lidah buaya yang bagus adalah yang memiliki daging tebal. Biasanya para petani akan memotong ujung daun lidah buaya untuk mendapatkannya.

    “Biasanya memang dipotong ujung-ujung daun lidah buaya ini supaya dagingnya tebal. Semakin tebal dagingnya maka semakin bagus,” tuturnya.

    (cnn/cnn)



    Komentar Pembaca: