Lima Cara Efektif Mampu Hilangkan Bekas Luka Cacar Air

    Kamis, 8 Februari 2018 - 20:40 Editor : Redaksi Dibaca : 415 Views

    Menit.co.id – Cacar air merupakan penyakit kulit yang menjadi momok bagi sebagian orang. Ini karena cacar air sangat mudah menular dan kerap meninggalkan bekas luka berupa bercak kehitaman yang sangat sulit dihilangkan.

    Tenang, Anda tidak perlu gundah. Meski sangat sulit, bekas luka akibat cacar air tetap bisa dihilangkan, kok. Berikut ini beberapa cara yang efektif menghilangkan bekas luka cacar air:

    1. Gunakan tabir surya
    Agar bekas luka cacar air tidak menghitam, gunakan tabir surya saat hendak bepergian ke luar rumah, terutama pada pukul 08.00–15.00. Hal ini sangat penting, karena kulit bekas cacar lebih mudah menghitam bila terpapar sinar matahari dibandingkan dengan kulit yang sehat.

    Agar efektif, gunakanlah tabir surya dengan SPF 30 atau lebih, sesuai kebutuhan dan kondisi lingkungan Anda.

    2. Krim perawatan kulit
    Untuk mengatasi bekas luka di kulit, baik akibat jerawat atau cacar air, Anda dapat menggunakan krim perawatan kulit yang bekerja dengan cara mempercepat regenerasi kulit. Krim yang dapat dipakai adalah yang mengandung:

    Hidrokuinon 2 persen, Tretinoin 0,05 persen, Tazarotene 0,1 persen, atau Asam azaleat 20 persen.

    Agar bekas luka cacar air bisa hilang sempurna, dibutuhkan kesabaran dan keteraturan dalam menggunakan obat-obatan tersebut. Umumnya, bekas luka cacar air akan memudar dalam 10-12 bulan setelah mengoleskan obat.

    Jangan terkejut bila kulit Anda agak mengelupas saat menggunakan krim kulit tersebut. Hal ini merupakan efek samping yang wajar terjadi. Ingatlah untuk menggunakan obat-obatan ini sesuai petunjuk dan pengawasan dokter, agar efek yang dihasilkan bisa lebih maksimal.

    3. Chemical peeling
    Chemical peeling merupakan metode perawatan kulit yang dilakukan dengan memberikan zat kimia pada kulit untuk merangsang pengelupasan kulit. Dengan mengelupasnya kulit, diharapkan kulit baru yang terbentuk akan terlihat lebih cerah.

    Salah satu zat yang sering digunakan untuk chemical peeling adalah trichloroacetic acid (TCA) 20-35%. Zat ini umumnya efektif untuk mengatasi bekas kehitaman akibat peradangan di kulit.

    Salah satu efek samping yang umumnya timbul adalah rasa perih, kemerahan, dan bengkak di kulit selama beberapa hari hingga satu minggu. Oleh karena itu, chemical peeling tidak boleh terlalu sering dilakukan. Chemical peeling baru boleh dilakukan lagi setelah 3-6 bulan setelah tindakan sebelumnya.

    4. Laser
    Laser energi tinggi merupakan metode yang cukup efektif untuk menghilangkan bekas luka cacar air. Tak hanya itu, tindakan ini juga bisa menghilangkan bercak kulit akibat tanda lahir, tahi lalat, tato, dan lainnya.

    Namun demikian, penggunaan metode laser harus dipertimbangkan baik-baik pada orang yang berkulit hitam. Ini karena tindakan tersebut berisiko menyebabkan hipopigmentasi, yaitu kekurangan pigmen kulit yang menyebabkan kulit berwarna lebih terang dari kulit sekitarnya.

    5. Intense Pulsed Light (IPL)
    IPL merupakan metode perawatan kulit dengan menggunakan sinar berintensitas tinggi. Energi dari sinar tersebut akan diterima oleh sel di kulit, dan mengakibatkan perubahan pada komponen kulit yang berperan menyerap sinar (kromofor). Hal ini akan menyebabkan perubahan pada warna kulit.

    Dari kelima tindakan di atas, pilihlah tabir surya sebagai metode menghilangkan bekas luka cacar air yang paling utama. Namun, bila bekas luka tersebut cukup dalam, pengobatan dengan laser atau IPL dapat langsung dilakukan.

    Jangan ragu untuk berdiskusi dengan dokter spesialis kulit terlebih dahulu, agar hasilnya benar-benar optimal dan terhindar dari efek samping yang tak diinginkan. Demikian dikutip dari klikdokter.com.

    (fiq/fiq)



    Komentar Pembaca: