Pejalanan Panjang BPJS Ketenagakerjaan Lindungi Pekerja

    Minggu, 7 Januari 2018 - 13:15 Editor : Redaksi Dibaca : 275 Views

    Menit.co.id – Selama 40 tahun berdiri dan memberikan pelayanan terbaik pada tenaga kerja di Indonesia, BPJS Ketenagakerjaan (BPJS TK) melewati perjalanan panjang.

    Penyelenggara program jaminan sosial kepada masyarakat ini terus memberikan pelayanan terbaik dan inovasi tiap waktunya.

    Seperti dirangkum detikFinance, Kamis (14/11/2017), dimulai dari tahun 1947, BPJS TK yang dahulu bernama PT Jamsostek Persero lahir dan memberikan asuransi sosial tenaga kerja yang semakin transparan.

    Kemudian pada tahun 1992, program Jamsostek dihadirkan guna memberikan perlindungan dasar demi memenuhi kebutuhan minimal bagi tenaga kerja dan keluarga.

    Pada tahun 2004, PT Jamsostek memberikan 4 program perlindungan yang terdiri dari program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) bagi seluruh tenaga kerja dan keluarganya.

    Kemudian pada 1 Januari 2014, sesuai UU No. 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional dan UU No. 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, PT Jamsostek bertransformasi menjadi BPJS TK yang memberikan jaminan sosial tenaga kerja meliputi Jaminan Hari Tua, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, dan Jaminan Pensiun.

    Dengan terus dipercaya dan sadar akan tanggung jawab tersebut, BPJS TK hingga kini terus meningkatkan kompetensinya di setiap pelayanan. Hal ini dilakukan agar pekerja dan keluarga bisa menikmati beragam manfaat dari program yang ada.

    Misalnya pada Juli 2017, BPJS TK memberikan perlindungan jaminan sosial kepada TKI. BPJS TK juga memberikan fasilitas pembiayaan perumahan pekerja, yakni dengan memberikan DP untuk KPR sebesar 1%.

    Pada HUT yang ke-40, BPJS TK juga memberikan kado istimewa di 5 merchant nasional dan 35 merchant lokal yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

    Adapun kado istimewa yang diberikan kepada para pekerja adalah diskon 15% tiket perjalanan dari Sriwijaya Air dan NAM Air, cashback Rp 100 ribu di Tokopedia, KMT edisi spesial, dan masih banyak lagi.

    (dtc/dtc)



    Komentar Pembaca: