Simak Dua Faktor Penting dalam Tumbuh Kembang Anak

    Rabu, 30 Agustus 2017 - 08:20 Editor : Redaksi Dibaca : 211 Views

    Menit.co.id – Masa 1.000 hari pertama kehidupan (HPK) merupakan masa emas tumbuh dan kembang anak. Konsultan tumbuh kembang anak, Dr. dr. Rini Sekartini, SpA(K) mengatakan, sejak hamil, otak anak sudah 80 persen terbentuk.

    Karena itu, ibu hamil harus disediakan makanan yang baik. Pada ibu bekerja, sebaiknya perusahaan atau kantor tempatnya bekerja menyediakan makanan bergizi agar ibu tidak jajan sembarangan, sehingga pertumbuhan kandungan pun menjadi lebih bagus.

    Rini melanjutkan, ada dua hal yang berperan penting dalam tumbuh kembang anak, yaitu nutrisi dan simulasi. Nutrisi pada enam bulan pertama adalah ASI yang langsung diberikan dari ibu lewat menyusui, bukan ASI yang diperah.

    “Menyusui langsung dari ibu penting untuk kematangan sel otak. Nutrisi berperan untuk merangkai sel-sel otak itu,” kata Rini di Jakarta, Selasa, 29 Agustus 2017.

    Sementara stimuasi optimal yang diberikan ibu atau orangtua berperan penting dalam perkembangan motorik kasar anak. Stimulasi ini juga harus diberikan langsung oleh ibu dan tidak bisa didelegasikan kepada pengasuh pengganti.

    “Misalnya kita ingin stimulasi anak A, ketika disampaikan ke pengasuh pengganti bisa yang diberikan stimulasi A plus atau minus. Belum tentu akan sama,” kata Rini.

    Dia menambahkan, stimulasi merupakan sesuatu yang harus diberikan dari luar karena bayi tidak mungkin belajar sendiri stimulasi itu.

    Stimulasi juga penting dalam dua tahun pertama kehidupan anak karena di masa inilah masa otak anak mengalami perkembangan optimal.

    (vvc/vvc)



    Komentar Pembaca: