Solusi Tepat Mengobati Jerawat dengan Cepat

    Minggu, 25 Februari 2018 - 13:59 Editor : Redaksi Dibaca : 310 Views

    Menit.co.id Jerawat merupakan masalah kulit yang paling sering sekali dikeluhkan semua orang. Sebetulnya jerawat berasal dari peradangan kulit akibat kelenjar minyaknya terinfeksi bakteri sehingga membengkak kemudian terisi nanah.

    Berikut 5 Cara Mudah Mengobati Jerawat.

    Penyebab utama dibalik adanya jerawat ini adalah kelebihan sekresi sebum oleh kelenjar minyak pada kulit. Masalah kulit ini biasanya muncul di bagian wajah, punggung, leher dan pundak.

    Meski bukan masalah yang serius, namun jelas wajah jerawatan bisa membuat Anda kurang nyaman. Ada banyak produk obat jerawat dalam berbagai macam bentuk yang dijual di toko, namun seringkali membutuhkan waktu lumayan lama hingga hasilnya terlihat.

    Tapi beruntungnya, ada cara mudah dan alami yang lebih ampuh mengatasi jerawat bahkan hasilnya bisa terlihat sejak hari pertama.

    1. Bawang Putih
    Bawang putih memiliki efek anti virus, anti jamur dan anti oksidan yang bisa membantu mengatasi jerawat dengan cepat. Kandungan sulfur yang terdapat dalam bawang putih juga bisa mempercepat penyembuhan jerawat Anda.

    Potong satu siung bawang putih segar menjadi dua bagian. Gosokan bawang putih tersebut pada jerawat lalu diamkan selama 5 menit sebelum mencuci wajah. Ulangi langkah diatas beberapa kali dalam sehari

    Konsumsi 1 siung bawang putih mentah setiap hari juga bisa membantu membersihkan darah Anda. Namun jangan terlalu banyak mengonsumsi bawang putih mentah lantaran dapat menyebabkan pencernaan terganggu.

    2. Es Batu
    Es bagus untuk mengurangi kemerahan, bengkak dan peradangan pada jerawat. Es batu dapat memperlancar peredaran darah menuju ke area jerawat dan memperkecil pori pori kulit serta membersihkan kotoran dan minyak yang menumpuk disana.

    Anda bisa menggunakan es batu atau es serut. Bungkus es tersebut dalam handuk tipis kemudian tempelkan di area kulit yang ada jerawatnya selama beberapa detik. Lepaskan selama beberapa menit kemudian ulangi langkah tersebut beberapa kali.

    3. Pasta Gigi
    Bukan hanya bisa membersihkan gigi, pasta gigi ternyata bisa membersihkan wajah dari jerawat. Paling bagus jika cara ini dilakukan setelah menempelkan es batu pada jerawat. Namun pastikan Anda menggunakan pasta gigi putih, bukan yang bentuknya gel.

    Oleskan pasta gigi pada area kulit yang berjerawat sebelum tidur. Saat pagi hari, cuci bersih wajah dengan air dan lihat apakah bengkak pada jerawat telah berkurang.

    Selain dilakukan sebelum tidur Anda juga bisa mengoleskan pasta gigi disiang hari. Namun pastikan pasta giginya dibiarkan di jerawat selama kurang lebih setengah jam sebelum dibersihkan.

    4. Uap Panas
    Uap panas bermanfaat untuk kulit, termasuk untuk jerawat. Uap bisa membuka pori pori kulit dan memungkinkan kulit bernapas. Fungsinya membantu membersihkan kotoran, minyak dan bakteri yang terperangkap didalam pori pori yang dapat memicu infeksi atau peradangan.

    Isi sebuah wadah besar dengan air panas yang baru saja mendidih. Arahkan wajah ke atas wadah tersebut hingga uapnya mengalir ke seluruh permukaan wajah. Lakukan cara ini selama beberapa menit. Cuci wajah dengan air suam suam kuku dan setelah kering oleskan pelembab tanpa minyak.

    5. Lemon
    Cara mengatasi jerawat selanjutnya adalah menggunakan air perasan lemon. Air perasan lemon ini kaya akan vitamin C yang membuat jerawat bisa kering lebih cepat. Namun pastikan Anda memakai perasan lemon segar. Ada beberapa cara untuk menerapkan obat jerawat ini:

    Celupkan kapas bersih kedalam air perasan lemon segar kemudian oleskan ke area wajah yang berjerawat sebelum tidur malam.
    Campurkan satu sendok makan air perasan lemon dan satu sendok teh bubuk kayu manis. Kemudian oleskan pada wajah berjerawat sebelum tidur malam. Di pagi hari, bersihkan kulit dengan air. Namun cara yang kedua ini tak cocok untuk kulit sensitif.

    Itulah 5 Cara Mudah Mengatasi Jerawat. Jadi, cara mana yang ingin Anda coba terapkan untuk mengatasi jerawat secepatnya? Ingat juga, bahwa kondisi kulit tiap orang bisa berbeda-beda. Coba terapkan beberapa cara mudah mengatasi jerawat di atas hingga menemukan yang paling ampuh. Semoga bermanfaat. dikutip beritaharianmu.com.

    (zik/zik)



    Komentar Pembaca: