Begini Bocoran Membuat Kue yang Tidak Bantat

    Rabu, 20 September 2017 - 11:22 Editor : Redaksi Dibaca : 184 Views

    Menit.co.id – Membuat kue, baik yang dipanggang atau dikukus terbilang susah-susah gampang. Salah satu tantangan ialah membuat kue yang tidak bantat dan mengembang sempurna.

    Menurut Ibnu Pratama, Excecutive Chef The Harvest Pattisier and Chocolatier, ada beberapa tips yang wajib Anda ketahui sebelum membuat kue agar hasilnya tidak keras.

    “Kalau kue tanpa dipanggang, kuncinya pakai gelatin. Itu sejenis agar-agar untuk menguatkan adonannya. Kalau dipanggang pakai pakai telur. Yang pasti kalau dipanggang itu telurnya enggak boleh kurang, harus pas takaran telur sama butter-nya,” ucap Ibnu saat ditemui di The Harvest Senopati, Jakarta Selatan, Selasa, 19 September 2017.

    Untuk kue yang dipanggang sendiri, penggunaan telur dan butter menyesuaikan dengan ukuran kue yang dibuat. Perbandingan yang diberikan oleh Ibnu, yakni untuk satu kilogram adonan, menggunakan 200 gram telur dan 100 gram butter.

    Sementara untuk kue yang tidak dipanggang, selain menggunakan gelatin juga bisa menggunakan whipped cream. Di samping itu, suhu dan lama proses pemanggangan juga memengaruhi tekstur kue.

    “Kalau suhunya setting-nya terlalu tinggi, cepat matang di luar tapi dalamnya mentah. Akhirnya kue naik dan turun lagi dan bantat. Kalau (suhu) terlalu kecil, naik tapi dalamnya keras,” ujar dia.

    Ibnu juga menambahkan, kue dengan adonan yang cenderung cair, bisa dipanggang di dalam oven dengan suhu 180 derajat Celsius. Sementara untuk adonan yang konsistensinya sedikit padat atau kental bisa dipanggang pada suhu 160 derajat Celsius.

    (vvc/vvc)



    Komentar Pembaca: