Empat Cara Agar Generasi Milenial Cepat Punya Rumah Impian

    Selasa, 20 Februari 2018 - 20:48 Editor : Redaksi Dibaca : 1389 Views

    Menit.co.id – Urutan kebutuhan manusia yang utama pada umumnya ialah sandang, pangan dan papan (Rumah). Namun seiring dengan perkembangan zaman, kini kebutuhan manusia mulai bertambah menjadi sandang, pangan, jalan-jalan (traveling) dan papan.

    Percaya atau tidak, traveling telah menjadi prioritas bagi sebagian besar orang, khususnya generasi milenial. Bisa dibilang, penghasilan yang mereka peroleh rela ditabung dengan tujuan khusus yakni traveling, ketimbang untuk uang muka rumah. Benarkah begitu?

    Terkait pergeseran prioritas kebutuhan hidup, hasil riset dari Rumah123 mengungkapkan bahwa generasi milenial di rentang usia 25-35 tahun memiliki kecenderungan membelanjakan penghasilan mereka untuk memperkaya pengalaman bepergian dan pemenuhan gaya hidup daripada memikirkan beli properti.

    Padahal ada fakta penting yang harus diketahui, yakni kenaikan harga properti lebih cepat dari kenaikan penghasilan. Artinya, di usia yang produktif dengan penghasilan yang dimiliki saat ini, sebetulnya generasi milenial memiliki kemampuan untuk membeli rumah atau properti sendiri.

    Lalu bagaimana caranya? Salah satu cara mudah memiliki properti atau rumah sendiri ialah membelinya melalui kredit pemilikan rumah (KPR). Namun, memilih KPR yang tepat itu tidak gampang apalagi ada banyak produk KPR bank bertebaran. Bisa jadi hal ini membuat kamu bingung, khususnya bagi yang belum berpengalaman sama sekali.

    Sebagai generasi milenial yang melek informasi dan teknologi, memilih KPR yang tepat itu penting, apalagi jika kamu masih belajar untuk mengelola keuangan dan memiliki impian traveling. Berikut empat hal penting yang bisa kamu cermati saat memilih KPR.

    1. Pilih KPR Suku Bunga Ringan
    Suku bunga pinjaman menjadi faktor utama yang harus kamu cermati. Pilih KPR bank yang memberikan bunga ringan agar meringankan beban cicilan bulanan KPR kamu. Khusus suku bunga ringan, KPR BNI Griya bisa menjadi pilihan yang pas.

    Dengan BNI Griya, kamu bisa mendapatkan KPR dengan bunga ringan dan tetap selama 5 tahun pertama. Jadi, selama kurun waktu 5 tahun, kamu bisa menikmati bunga 6,75% per tahun yang efektif berlaku selama dua tahun pertama, lalu bunga 7,75% per tahun yang efektif pada tiga tahun berikutnya.

    2. Pilih Tenor Panjang
    Hal penting kedua yang harus diperhatikan yakni tenor KPR. Semakin panjang tenor yang dipilih, akan semakin ringan cicilan yang diangsur setiap bulannya, sehingga kamu pun masih bisa membagi keuangan untuk pemenuhan kebutuhan hidup.

    Ambil contoh, KPR BNI Griya yang siap memberikan pinjaman dengan jangka waktu kredit hingga 25 tahun. Lebih lengkap lagi, KPR BNI Griya bisa juga diajukan untuk tujuan pembangunan, renovasi, refinancing, top up, take over, dan BNI Griya Multiguna.

    3. Pilih Cicilan KPR yang Menawarkan Banyak Kemudahan
    Pelajari dengan detail tentang produk KPR bank yang ditawarkan, apakah KPR yang kamu pilih memberikan fasilitas yang menguntungkan atau sebaliknya. Luangkan waktu untuk membaca dan memahami detail produk KPR yang akan kamu ambil.

    Misalnya, di BNI Griya terdapat fitur Angsuran Suka-Suka dimana kamu dapat menentukan sendiri besarnya angsuran perbulan sehingga kamu tetap bisa merencanakan budget travelling atau keperluan kamu lainnya.

    Tentu fasilitas seperti ini akan sangat menguntungkan bagi kamu yang bercita-cita memiliki rumah idaman tanpa harus merubah gaya hidup secara drastis.

    4. Siapkan Dokumen Persyaratan
    Hal yang wajib kamu tahu dan siapkan juga terkait pengajuan KPR bank adalah memberikan dokumen yang dibutuhkan untuk pengurusan KPR. Umumnya, persyaratan dokumen yang harus dipenuhi yaitu:

    -Fotokopi KTP, Kartu Keluarga, Akta/Surat Nikah
    -Fotokopi NPWP pribadi,
    -Rekening koran
    -Surat keterangan kerja
    -Slip gaji
    -Dokumen lainnya
    -Tentu agar proses KPR berjalan lancar dan cepat disetujui, kamu harus menyiapkan semua persyaratan dengan baik.

    Selain pengajuan KPR baru, di KPR BNI Griya, kamu juga bisa mengurus pindah KPR dari bank lain dengan proses take over KPR melalui program BNI Griya take over BEBAS Biaya yang memberikan benefit lebih berupa bebas biaya provisi, administrasi dan appraisal, bahkan biaya lainnya bisa di debet dari pencairan dana take over dengan pengajuan ke Take Over Plus.

    Dengan BNI Griya Take Over Plus ini, kamu bisa juga mendapat dana tambahan yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti renovasi rumah, biaya pendidikan, liburan dan lain-lain.

    Ambil Langkah Berani
    Memenuhi kebutuhan papan atau tempat tinggal pribadi memang tidak mudah dan tidak murah. Jelas, diperlukan langkah berani dan pemilihan KPR yang tepat. Harga properti terus melaju naik setiap tahun namun tidak sebanding dengan kenaikan penghasilan.

    Oleh sebab itu, jangan menunda-nunda atau menunggu terlalu lama untuk memiliki hunian pribadi sebab ada KPR BNI Griya yang siap membantu mewujudkan langkah beranimu menjadi nyata. Demikian dikutip dari cermati.com.

    (rau/rau)



    Komentar Pembaca: