Kemenperin Gelar Pameran Bertajuk Menjaga Warisan Budaya Batik

    Selasa, 26 September 2017 - 15:26 Editor : Redaksi Dibaca : 328 Views

    Menit.co.id – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI menggelar pameran batik bertajuk “Menjaga Warisan Budaya Batik” dalam rangka menyambut Hari Batik Nasional yang jatuh setiap 2 Oktober.

    “Kita sebagai warga negara Indonesia harus melestarikan budaya batik. Banyak cara untuk melakukannya,” kata Sekjen Kementerian Perindustrian, Haris Munandar, di Jakarta, Selasa.

    Dia menyampaikan hal itu saat mewakili Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, memberikan sambutan pada pembukaan Pameran Hari Batik Nasional, di Plasa Kementerian Perindustrian, Jakarta.

    Munandar menyampaikan, kolaborasi dan sinergi antara antara akademisi, pelaku usaha, pemerintah dan komunitas sangat penting untuk melestarikan budaya dan mengembangkan industri batik secara berkelanjutan.

    Salah satunya adalah kolaborasi antara Ditjen Industri Kecil Menengah Kementerian Perindustrian dengan Yayasan Batik Indonesia untuk menyelenggarakan pameran ini.

    Pameran yang digelar pada 26-29 September 2017 ini untuk mempromosikan produk unggulan batik dari berbagai daerah.

    Selain pameran, acara yang diikuti 44 IKM Batik dari berbagai daerah ini juga menampilkan peragaan busana batik yang dirancang dengan trendi dan modern, sehingga sangat cocok digunakan oleh generasi muda masa kini.

    Dalam hal ini, dia memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang berkontribusi dalam melestarikan dan mengembangkam batik nasional.

    “Saya menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada Yayasan Batik Indonesia yang secara konsisten melestarikan batik melalui berbagai kegiatan. Terimakasih juga kepada pendukung acara dan peserta pameran yang ikut mengembangkan batik,” ungkapnya.

    Sumber: Antara



    Komentar Pembaca: