Rahasia Agar Rambut Tatap Sehat Biarpun Terbalut Hijab

    Senin, 25 September 2017 - 13:01 Editor : Redaksi Dibaca : 268 Views

    Menit.co.id Selain mengikuti ajaran agama, mengenakan hijab juga memberikan tampilan yang feminin dan melindungi rambut dari dampak buruk sinar matahari maupun polusi.

    Sayangnya, perempuan berhijab seringkali mengeluhkan gangguan rambut yang dialami, seperti gatal, rontok, lembap, dan bau tak sedap. Berikut rahasia rambut tetap sehat walau terbalut hijab.

    Pemilihan Bahan Hijab
    Pemilihan jilbab yang kurang tepat rentan membuat kulit kepala gerah dan kepanasan. Akibatnya, rambut jadi mudah berminyak dan berujung munculnya ketombe dan gatal-gatal.

    Untuk aktivitas sehari-hari sebaiknya pilih kerudung berbahan katun, sedangkan untuk tampilan formal gunakan bahan sutra. Tapi jika ingin memakai jilbab berbahan nilon atau poliester, tambahkan ciput di dalamnya untuk mengurangi gesekan dengan rambut dan meningkatkan sirkulasi udara.

    Mengubah Tatanan Rambut
    Agar rambut tetap rapi di bawah balutan hijab, rambut yang panjang seringkali diikat atau disanggul. Jika ikatan rambut terlalu ketat, hal ini dapat melemahkan helai-helai rambut dan menyebabkan kerontokan rambut. Selain itu, ada baiknya untuk mengubah caramu memisahkan rambut dari waktu-waktu, untuk mencegah garis rambut di bagian dahi menipis dan mengalami kerontokan parah.

    Jangan Lupa Menyisir Rambut
    Mengenakan hijab dalam waktu yang cukup lama seringkali membuat para Muslimah lupa untuk menyisir rambut. Kebiasaan buruk ini justru memicu rambut jadi kering dan kusam. Sebaiknya, luangkan waktu untuk menyikat rambut di pagi hari sebelum menggunakan hijab dan setiap kali menanggalkan hijab. Cara ini menjamin sirkulasi darah yang lebih baik, sehingga kulit kepala jadi lebih sehat dan terbebas dari gatal-gatal.

    Menanggalkan Hijab
    Mumpung sedang bersantai di rumah maupun kamar, tidak ada salahnya sesekali melepaskan hijab dan mengurai rambut. Cara sederhana ini memberikan kesempatan bagi rambut untuk bernafas bebas dan jauh dari lembap maupun bau tak sedap. Jangan juga membiasakan tidur dengan hijab dan rambut yang masih terikat, karena memicu kerontokan dan lepek.

    Memijat Kulit Kepala
    Saat melepas hijab, gunakan kesempatan ini untuk memijat kulit kepala sebagai cara terbaik untuk menjaga kesehatan rambut berhijab. Hal ini dapat merangsang sirkulasi darah dan mencegah rambut menjadi kering. Gunakan minyak alami seperti minyak kelapa dan pijatkan dengan gerakan melingkar selama lima menit.

    Selain melakukannya di rumah, kamu juga bisa mempertimbangkan melakukan perawatan rambut yang efektif, seperti masker rambut. Tidak hanya menjaga rambut tetap wangi, juga membantu menguatkan rambut dan memberinya cahaya yang sehat.

    Selain beberapa tahap perawatan di atas, ada kebiasaan sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga rambut tetap sehat walau terbalut hijab. Mulailah dengan menggunakan produk yang sesuai jenis rambut dan cuci rambut hingga bersih minimal tiga kali seminggu.

    Selain itu, pastikan rambut sudah benar-benar kering sebelum mengenakan hijab, agar terhindar dari lembap yang dapat memicu gatal dan bau tak sedap. Demikian informasi ini disadur dari Inspirasihijab.com.

    (zik/zik)



    Komentar Pembaca: