Alasan Presiden Joko Widodo Tak Copot Menperin Airlangga dari Kabinet Kerja

    Rabu, 17 Januari 2018 - 11:29 Editor : Redaksi Dibaca : 153 Views

    Menit.co.id – Presiden Indonesia Joko Widodo melengser Khofifah Indar Parawansa dari Kabinet Kerja. Jabatan Khofifah diisi oleh Sekretaris Jenderal Golkar, Idrus Marham.

    Khofifah dicopot karena sedang bertarung di Pilkada Jawa Timur 2018. Berbeda dengan Khofifah, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto berada dalam posisi aman. Padahal, Airlangga merangkap jabatan sebagai Ketua Umum Partai Golkar.

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ditemui seusai pelantikan Mensos baru dengan sisa masa jabatan periode 2014-2019 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/1) mengungkap alasan tidak mencopot Airlangga dari jabatan Menperin.

    “Ini kan tinggal satu tahun (periode kepemimpinan Jokowi-Jusuf Kalla) saja praktis ini kita. Kalau ditaruh orang (Menteri Perindustrian) baru, ini belajar bisa 6 bulan kalau enggak cepat bisa setahun kuasai itu,” ungkap Jokowi.

    Selain itu, Jokowi juga melihat Airlangga memiliki kapabilitas yang bagus. Selama menjabat sebagai Menperin, mantan Ketua Komisi VII DPR itu dinilai bekerja optimal.

    “Kita lihat memang di Menperin pak Airlangga ngerti betul yang berkaitan dengan makro konsep makro industri di negara kita, hilirisasi ke depan seperti apa,” ujarnya.

    Jokowi mengingatkan, memilih menteri baru harus mempertimbangkan banyak hal. Di antaranya kemampuan yang dimiliki calon menteri.

    Sejauh ini, sosok Airlangga memang masih layak memimpin Kemenperin. “Ini kementerian yang tidak mudah,” kata dia.

    (mdk/mdk)



    Komentar Pembaca: