Desa Maredan Kabupaten Siak Terang Benderang, 4 Desa Belum Teraliri Listrik

    Senin, 5 November 2018 - 12:54 Editor : Redaksi Dibaca : 65 Views

    Menit.co.id Komisi VII DPR RI, Muhammad Nasir beserta rombongan melakukan kunjungan Kerja di Desa Maredan, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau, Jumat (2/11) kemarin.

    Itu dalam rangka untuk memastikan realisasi pembangunan jaringan listrik di Desa Maredan. Kini tersisa 4 desa di Siak yang belum dialiri listrik.

    Direktur Bisnis Regional Sumatera PT PLN Wiluyo Kusdwiharto, mengatakan, untuk melistriki Desa Maredan PLN telah menginvestasikan jaringan tegangan menengah sepanjang 42.385 KMS.

    Juga jaringan tegangan rendah sepanjang 13,6 kms, dan trafo sebanyak 5 Unit ,dengan kapasitas 2 unit trafo 50 kVA dan 3 unit trafo 100 kVA.

    “Selamat kepada para warga Desa Maredan karena saat ini sudah dapat menikmati listrik PLN. Sebagai langkah awal sudah ada 17 KK di Desa Maredan telah dialiri listrik dan untuk di Kelurahan Melebung terdapat 39 KK telah terdaftar menjadi pelanggan PLN,” kata Wiluyo Kusdwiharto.

    Wiluyo menyebutkan, progam itu merupakan sinergitas antara PLN dan pemerintah daerah serta masyarakat untuk mewujudkan program nawacita Presiden yaitu Provinsi Riau 100 persen desa berlistrik di tahun 2019.

    “Saat ini PLN berhasil melistriki 1729 desa dari total 1859 jumlah desa di Provinsi Riau dengan capaian rasio desa berlistrik di provinsi riau sebesar 93 persen,” katanya.

    Sementara itu, anggota komisi VII DPR, Muhammad Nasir mengatakan, kunjungan mereka merupakan bentuk dukungan terhadap perbaikan infrastruktur dasar seperti pembangunan jaringan kelistrikan di Provinsi Riau.

    “Terima kasih untuk PLN dan seluruh jajarannya juga pemerintah daerah atas partisipasinya dalam kunjungan kerja ini dan sebagai langkah sinergi untuk mewujudkan Riau terang,” kata Nasir.

    Nasir meminta pemerintah daerah untuk dapat mendukung program PLN dan mencari solusi jika menemui hambatan.

    “Kami berharap apapun permasalahan khususnya di bidang listrik dapat didiskusikan. Supaya permasalahan cepat selesai dan untuk jaringan saya mendorong untuk dapat terus dipasang karena akan tumbuh pembangunan-pembangunan baru di lintasan infrastruktur kelistrikan,” kata Nasir.

    Sementara itu, Bupati Siak Syamsuar mengatakan bahwa kebutuhan listrik menjadi dambaan bagi warga karena dapat mendorong perekonomian dan menumbuhkan investasi.

    “PLN yang telah menggesa pembangunan listrik di Siak hingga saat ini mencapai rasio elektrifikasi sebesar 96,94% dan tinggal 4 desa lagi yang masih menjadi tugas untuk dapat dilistriki,” ujar Syamsuar.

    Dalam kesempatan acara tersebut, PLN juga memberikan Bantuan CSR PLN Peduli berupa 100 paket sembako bagi warga Desa Maredan dengan total Rp 15.000.000.

    General Manager PT PLN Unit Induk Wilayah Riau dan Kepri, M Irwansyah Putra, dan General Manager PT PLN P3B Sumatera, Nur Wahyu Dhinianto, masyarakat Desa Maredan, ikut dalam kegiatan tersebut.

    (mdk/mdk)



    Komentar Pembaca: