Gubernur Jambi Masih Menunggu Berita Resmi Anggotanya Kena OTT KPK

    Rabu, 29 November 2017 - 11:40 Editor : Redaksi Dibaca : 316 Views

    Menit.co.id – Sebanyak 10 orang terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mereka merupakan anggota DPRD Jambi, pejabat dan pegawai Pemprov Jambi serta pihak swasta.

    KPK juga menyita uang lebih dari Rp 1 miliar diduga terkait suap pembahasan APBD.

    Gubernur Jambi Zumi Zola masih menunggu berita resmi dari KPK terkait OTT beberapa anak buahnya.

    “Saya kira sekarang kita tunggu saja berita resmi dari KPK, dengan demikian kita tahu kronologis dan semua-semuanya,” katanya di kediaman dinasnya, di Jambi, Selasa (28/11). Dikutip dari Antara.

    Zola belum menyebutkan siapa-siapa saja pejabat pemerintahannya yang terjaring OTT. Namun menurutnya saat ini hormati dulu proses hukum yang berlaku dan biarkan berjalan sebagaimana mestinya.

    “Karena ini suatu hal yang harus kita hormati, kalau hanya berbicara duluan berarti kita overlapping dengan yang punya kewenangan yakni petugas KPK. Biarkan dulu petugas menjalankan tugasnya,” kata Zola lagi.

    Sebelumnya, Juru bicara KPK Febri Diansyah menyebut 10 orang ditangkap. Terdiri dari Pejabat DPRD Provinsi Jambi, pegawai di Pemrov dan pihak swasta.

    Febri mengatakan dalam OTT tersebut diduga ada praktik pemberian dan penerimaan uang oleh penyelenggara negara terkait pembahasan dan proses APBD 2018 di Provinsi Jambi.

    “Tadi siang dan sore, sampai malam ini ada giat tim penindakan yang dilakukan di dua daerah Jambi dan Jakarta. Dari giat itu kami amankan sejumlah orang infonya sejauh ini sekitar 10 orang diamankan di Jakarta dan Jambi. Jakarta 3 dan Jambi 7 orang,” kata Febri kemarin.

    Febri menjelaskan tim penyidik KPK juga menyita sejumlah uang dari transaksi di Jambi. Proses penghitungan uang tersebut juga masih dilakukan di Polda Provisi Jambi.

    “Hingga saat ini kita dapatkan info uang diamankan lebih dari Rp 1 miliar,” tambah Febri.

    KPK memiliki waktu 24 jam untuk menentukan status mereka yang terjerat OTT. Dia juga mengatakan pihaknya sudah mengamankan beberapa orang yang ditangkap di Jakarta.

    “Sudah dibawa ke gedung KPK untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut sampai besok. Kita juga ucapkan terima kasih kepada Polda Jambi yang bantu operasi ini,” tegas Febri.

    (ant/ant)



    Komentar Pembaca: