KSAU Beri Penghargaan ke 10 Kru Pesawat Hercules

    Senin, 14 Agustus 2017 - 15:46 Editor : Redaksi Dibaca : 117 Views

    Menit.co.id Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Hadi Tjahjanto memberikan penghargaan welldone kepada 10 kru pesawat C-130 Hercules A-1314. Kru tersebut dianggap berprestasi karena melakukan keputusan tepat menyelamatkan pesawat saat mengalami gangguan mesin saat take off.

    “Saya berikan penghargaan welldone kepada mereka karena telah mampu menyelamatkan pesawat saat situasi kritis dan tentunya dengan perhitungan yang tepat itu, pilot mampu menyelamatkan dari kerugian yang lebih besar,” kata Hadi di Mabes AU, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (14/8/2017).

    Penghargaan tersebut diberikan di Auditorium Denma Mabes AU kepada para kru pesawat C-130 Hercules dari Skuadron 17, Halim Perdanakusuma, Jakarta. Hadi menjelaskan pada tanggal 18 Juli 2017 lalu pesawat C-130 Hercules A1314 yang diawaki sepuluh kru tersebut mengalami gangguan pada turbinengine saat take off di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

    “Dalam kondisi emergency tersebut pilot dan awak pesawat berhasil mengatasi situasi dengan melakukan abort take off,” tutur Hadi.

    Menurut Hadi, jika kru pesawat tersebut salah mengambil keputusan bisa berakibat fatal bukan hanya untuk kru tapi untuk penduduk yang ada di sekitar Bandara Halim. “Kerugian itu bukan hanya dari kru itu sendiri dan kehancurannya pesawat karena jika pesawat itu terbang dan tidak dilakukan actionnya yang tepat akan menimpa perumahan penduduk,” Tambah Hadi.

    Maka dari itu penghargaan welldone tersebut diberikan untuk mengapresiasi keputusan tepat para kru pesawat. Hadi juga menuturkan pesawat yang diselamatkan tergolong pesawat besar dan merupakan pesawat penting dalam TNI AU menjalankan tugas negara.

    “Seperti kita ketahui bersama peran pesawat Hercules sangat besar. Hingga saat ini pesawat C130 TNI AU merupakan alutsista yang menjadi tulang punggung negara dalam tugas-tugas civic mision, seperti angkutan bantuan kemanusiaan bencana alam hingga tugas VIP atau VVIP,” terang dia.

    Berikut nama kesepuluh kru Pesawat C-130 Hercules A 1314 Skuadron 17 Lanud Halim Perdanakusuma.

    1.Kolonel Pnb Adrian Damanik
    2.Kapten Pnb Arifin Bayu
    3.Kapten Pnb Dimas Prawito
    4.Kapten Tek Samris Naibaho
    5.Lettu Nav Andri Y
    6.Peltu Komarudin
    7. Pelda Agus Nuryanto
    8. Serka Jimmi Julianto
    9. Sertu Cornelius
    10. Praka Andik Ika Cahyono

    (dtc/dtc)



    Komentar Pembaca: