Menteri Agama Minta Jemaah Haji Jaga Nama Baik Indonesia

    Jumat, 28 Juli 2017 - 19:38 Editor : Redaksi Dibaca : 81 Views

    Menit.co.id Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin telah melepas jemaah haji Indonesia tahun ibadah 1438 Hijriah / 2017 masehi untuk terbang ke Arab Saudi, Jumat (28/7).

    Pesan-pesan pun disampaikan Lukman kala melepas jemaah kloter pertama dari Jakarta di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur. Lukman mengimbau kepada seluruh jemaah haji agar menjaga nama baik Indonesia selama menjalankan ibadah di Arab Saudi.

    “Kita dilihat di seluruh jemaah dunia. Kita menyandang Merah Putih. Di negara orang, mohon jaga nama baik Indonesia dengan bertindak dan bertutur kata dengan baik,” kata Lukman.

    Dia mengatakan, selama ini jemaah haji Indonesia dikenal selalu bertata krama baik dan selalu menjaga sopan santun. Jemaah haji Indonesia pun dikenal tidak pernah melakukan tindakan yang kurang menyenangkan selama ibadah haji berlangsung.

    Atas dasar itu, Lukman meminta agar jemaah haji tahun 2017 menjaga riwayat nama baik jemaah asal Indonesia yang telah terbentuk selama ini.

    “Kita juga adalah tamu pemerintah Saudi Arabia, maka mohon menjaga nama baik Negara Indonesia,” sambung Lukman.

    Di samping itu, Lukman juga berpesan agar para jemaah haji menjaga kondisi kesehatan. Dia mengingatkan bahwa haji merupakan ibadah dengan rangkaian kegiatan yang panjang, sehingga sangat menguras stamina.

    Lukman juga meminta para jemaah agar menjaga diri dan keselamatan sesama rekan jemaah asal Indonesia.

    Dikatakannya, ibadah haji selalu dipadati orang dengan jumlah yang sangat banyak, sehingga potensi tersesat pun menjadi tinggi. Terlebih, sebagian besar jemaah haji asal Indonesia pun telah berusia lanjut dan tidak bisa berbahasa arab.

    “Mohon selalu bepergian secara berombongan. Jangan pernah pergi seorang diri demi keselamatan kita bersama,” kata Lukman.

    Menkes Minta Jemaah Haji Tak Merokok Sembarangan

    Di tempat yang sama, Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek meminta kepada para jemaah haji Indonesia agar mematuhi peraturan yang berlaku selama di Arab Saudi. Khususnya merokok di tempat yang telah disediakan.

    “Kita memohon kepada bapak-bapak terutama agar tidak merokok di dalam ruangan (hotel) karena bisa terjadi kebakaran dan hal buruk lainnya,” kata Nila.

    Merokok di tempat yang telah disediakan, lanjut Nila, juga dapat menjaga nama baik Indonesia di mata jemaah lain yang berasal dari berbagai negara.

    Nila lalu mengingatkan agar jemaah haji jangan sampai lupa minum air secukupnya. Nila menegaskan air sangat berperan dalam menjaga stamina demi kelancaran menjalankan ibadah di tanah suci.

    Selain Lukman dan Nila, pelepasan jemaah haji kloter pertama dari Jakarta itu juga dihadiri Anggota DPR dari Komisi VIII, Ali Taher.

    Pada penerbangan kloter pertama hari ini dilakukan sebanyak tujuh dari 13 embarkasi yang ada. Namun, penerbangan dari embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS) sempat terganggu.

    Penyebabnya adalah runway bandara Halim Perdana Kusuma yang mengelupas setelah lepas landasnya pesawat Boing 777 milik Garuda Indonesia yang membawa kloter Jakarta-Pondok Gede (JKG) 1 pada Jumat pagi.

    Manajer Humas Angkasa Pura II Yado Yarismano mengatakan akibat dua penerbangan menggunakan maskapai Saudia Airlines dari HLP untuk hari ini dialihkan ke Bandara Soekarno Hatta.

    (cnn/cnn)



    Komentar Pembaca: