Mukernas 2017, Gema Kosgoro Deklarasikan Duta Pembangunan Joko Widodo

    Kamis, 28 Desember 2017 - 16:37 Editor : Redaksi Dibaca : 258 Views

    Menit.co.id – Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) I/2017 Gerakan Mahasiswa Kosgoro menghasilkan tujuh butir rekomendasi kepada Presiden Jokowi. Apabila ditindaklanjuti, maka Gema Kosgoro siap sedia menjadi duta pembangunan Presiden Jokowi.

    Ketujuh rekomendasi hasil Mukernas itu diserahkan langsung Ketua Umum DPN Gerakan Mahasiswa Kosgoro HM Untung Kurniadi kepada Menteri Pemuda dan Olahraga RI Imam Nahrawi dan Menteri Badan Usaha Milik Negara RI Rini Soemarno untuk selanjutnya diserahkan kepada Presiden Jokowi.

    Menurut Untung, tujuh rekomendasi yang disebutnya sapta gema itu disepakati terbagi atas bidang luar negeri dan dalam negeri.

    “Isi rekomendasi luar negeri antara lain mendorong pemerintah Republik Indonesia konsisten dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Palestina dan mengupayakan perdamaian atas tragedi kemanusiaan atas etnis Rohingya di Rakhine, Myanmar,” papar Untung.

    Adapun lima butir rekomendasi dalam negeri hasil Mukernas Gema Kosgoro antara lain penyempurnaan UUD 1945 dengan mengamandemen pasal terkait penguatan kelembagaan dewan perwakilan daerah dan penguasaan energi dan udara oleh negara untuk kesejahteraan rakyat.

    Gema Kosgoro juga mengusulkan dilaksanakannya revitalisasi partai politik menjadi badan publik yang transparan, akuntabel dan kompeten dalam dalam mencetak calon kepala daerah anti korupsi.

    Ada pun terkait pemberantasan korupsi, Gema Kosgoro mendukung penguatan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dari dukungan anggaran dan sumber daya manusia termasuk membentuk kantor perwakilan di ibukota provinsi.

    Tidak hanya itu, Gema Kosgoro juga mendukung penjatuhan hukuman kerja paksa untuk koruptor dan penyitaan seluruh aset kekayaan koruptor untuk menimbulkan efek jera sehingga memutus tindak pidana korupsi.

    Sedangkan dalam bidang ekonomi, Gema Kosgoro mengusulkan kepada pemerintah untuk memberikan insentif pajak terhadap wirausahawan muda terutama usaha mikro kecil dan menengah yang baru merintis usahanya kurang dari tiga tahun.

    Terakhir untuk mengurangi kesenjangan sosial dan menggeliatkan roda perekonomian maka Gema Kosgoro mendukung penuh pemerintah maupun BUMN dalam menyelenggarakan pembangunan infrastruktur di seluruh pelosok nusantara untuk membangun negeri.

    Untung berharap, semua rekomendasi yang telah disepakati di dalam Mukernas tersebut dapat ditindaklanjuti pemerintahan Jokowi.

    “Apabila ditindaklanjuti maka kami Gema Kosgoro siap sedia menjadi duta pembangunan untuk mensosialisasikan pembangunan pemerintahan Jokowi dengan sekuat tenaga, demi mencapainya cita-cita luhur yaitu menciptakan masyarakat yang adil dan makmur sesuai harapan kita dengan landasan pancasila,” kata Mas Untung.

    Sumber : Antara



    Komentar Pembaca: