Nilai-Nilai yang Bisa Kamu Petik dari Upacara Bendera

    Kamis, 17 Agustus 2017 - 16:31 Editor : Redaksi Dibaca : 182 Views

    Menit.co.id – Upacara bendera di sekolah dilaksanakan pada setiap hari Senin dan pada hari-hari besar nasional, termasuk peringatan kemerdekaan setiap 17 Agustus.

    Tapi pernahkah kamu memikirkan, apa nilai-nilai yang bisa kamu petik dari kegiatan yang sepintas terasa membosankan dan melelahkan, serta diwarnai ciri militeristik itu?

    Upacara bendera bagi anak didik di sekolah sebetulnya mengandung nilai-nilai yang penting juga lho. Pertama, nilai kepemimpinan.

    Dengan upacara, kita bisa melihat potensi kepemimpinan diri kita atau teman kita, melalui posisi pejabat upacara, macam pemimpin upacara, pemimpin pasukan, pengibar bendera, atau pemimpin paduan suara.

    Biar kamu enggak bosan dengan upacara, jangan sungkan menawarkan diri menjadi salah satu pejabat upacara itu. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui potensi kepemimpinan yang ada dalam dirimu. Dengan cara ini, kamu juga bisa membangun kepercayaan dirimu.

    Di sisi lain, kamu juga bisa belajar bertenggang rasa. Tak mudah kan menjadi salah satu pejabat upacara itu? Nah, ketika temanmu yang jadi petugas, dan saat dia grogi atau melakukan kesalahan, kamu akan mengerti bahwa untuk jadi petugas itu tak mudah. Kamu pun belajar bertenggang rasa, bukan malah mengejek.

    Demam panggung saat tampil untuk pertama kali sih biasa. Nanti pada penampilan kedua, ketiga, dan seterusnya, biasanya kamu akan lebih percaya diri.

    Berlatih hidup tertib dan disiplin bisa dilakukan melalui upacara bendera. Bayangkan saja, kamu harus berdiri menurut aba-aba dalam waktu cukup lama. Kalau setiap aba-aba kamu ikuti dengan, fokus, konsentrasi, tertib dan patuh, kamu tak hanya berlatih disiplin sebetulnya, tapi juga membuatmu tak merasa bosan.

    Kebersamaan juga bisa dibangun saat upacara. Betapa tidak, selalu ada aba-aba untuk dilaksanakan secara bersamaan oleh petugas dan peserta upacara. Kalau ada yang salah, ya akan terlihat tak rapi atau bahkan bisa mengganggu teman yang lain.

    Hal lain yang bisa kita petik melalui upacara bendera adalah pembelajaran untuk lebih bertanggung jawab. Para pemimpin dan petugas upacara belajar bertanggung jawab terhadap pelaksanaan seluruh rentetan kegiatan upacara dan bagian masing-masing.

    Peserta upacara bertanggung jawab membuat upacara berjalan dengan lancar dengan mengikuti seluruh prosesnya secara tertib.

    Nilai lebih jauh sebetulnya adalah upacara membuat kita akan makin mencintai tanah air kita Indonesia. Kamu wajib tahu bahwa upacara itu dalam sejarah diciptakan sebagai wujud penghargaan kita pada para pahlawan yang telah merebut kemerdekaan dengan darah dan perjuangan, yang tak jarang merenggut nyawa.

    Nilai-nilai kebangsaan juga ditanamkan dalam rangkaian upacara, misalnya pembacaan naskah Proklamasi, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, termasuk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan lagu perjuangan lainnya.

    Ada ungkapan, “Bangsa yang besar adalah bangsa yang mampu menghargai jasa para pahlawan.” Kenyamanan yang kita nikmati sekarang adalah buah perjuangan para pendahulu kita. Kalau kamu mengerti hal ini, kamu tidak akan menganggap remeh upacara bendera.

    (cnn/cnn)



    Komentar Pembaca: