Pemkab Siak Buat Program Bedah 1.000 Rumah Warga Miskin

    Senin, 26 Februari 2018 - 20:22 Editor : Redaksi Dibaca : 1045 Views

    Menit.co.id – Pemerintah Kabupaten Siak membuat program bedah 1.000 rumah warga miskin berpenghasilan rendah. Tujuannya, untuk mengentaskan kemiskinan di daerah tersebut, agar warga kurang mampu memiliki rumah yang layak untuk ditempati.

    Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang dan Permukiman Pemkab Siak, Irving Kahar Arifin, mengatakan setiap rumah akan dibantu Rp 15 juta serta tenaga pekerja secara swadaya untuk membangun rumah layak huni.

    “Ya, bantuan materi Rp 15 juta. Dan untuk pengerjaannya dilakukan oleh masyarakat secara bersama-sama. Pelaksanaannya tahun 2018 ini,” ujar Irving kepada merdeka.com, Minggu (25/2).

    Menurut Irving, bedah rumah warga miskin ini merupakan program bantuan stimulan rumah swadaya dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

    Untuk pendanaan, itu berasal dari anggaran pendapatan belanja nasional sebesar Rp 15 miliar. “Program ini diperuntukkan bagi warga miskin di beberapa desa dan kecamatan di Siak,” terang Irving.

    Proses pelaksanaan saat ini telah memasuki tahap verifikasi faktual. Penerima bantuan stimulan rumah swadaya ditentukan berdasarkan data Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

    Verifikasi faktual dilaksanakan dengan melibatkan petugas kecamatan dan perangkat desa seperti ketua RT dan kepala desa untuk menentukan warga yang layak diberi bantuan.

    (mdk/mdk)



    Komentar Pembaca: