Pengurus AMSI Sowan ke Dewan Pers dan Bahas Beberapa Hal

    Senin, 18 September 2017 - 17:09 Editor : Redaksi Dibaca : 231 Views

    Menit.co.id – Jajaran Pengurus Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) bertemu dengan Dewan Pers. Hadir Ketua AMSI, Wenseslaus Manggut bersama Ketua Dewan Etik AMSI, Bagir Manan serta jajaran pengurus pusat.

    “Untuk sementara baru ada pengurus DPP, hanya perkenalan dengan Dewan Pers dan diskusi. Kami terdiri dari AJI, PWI dan dari mana-mana mewakili industrinya,” kata Wens di Gedung Dewan Pers, Senin (18/9).

    Selain memperkenalkan DPP, pengurus AMSI juga menyampaikan beberapa peraturan dalam UU Pers yang dinilai memberatkan media digital saat ini. Terlebih dalam memverifikasi media online.

    “Misalnya satu PT harus satu media, itu kan di UU enggak seperti itu bunyinya itu kan aturan turunannya. Nah kesulitannya teman-teman misalnya, ini ada korannya terus mau bikin online harus bikin PT sendiri? Harus satu PT,” jelasnya.

    Kemudian yang menjadi perhatian,misalnya media sudah ada PT kemudian membuat media baru berupa media online.

    “Apakah secara otomatis untuk merekrut atau memindahkan orang yang bekerja menurut UU Pers harus diPHK dulu, harus dibayar pesangonnya baru dipindahkan ke PT baru? Karena beda PT akan merepotkan,” tuturnya.

    “Teman-teman minta kalau kayak gitu bisa enggak disederhanakan. Nah Dewan Pers memberi kemudahan, misalnya yang penting ada limited-nya satu PT tiga media itu oke. Yang kesulitannya satu PT satu media, kayak koran sekarang dia mau bikin digitalnya,” tutur Pimred merdeka.com ini.

    Kemudian juga terkait tarif iklan, menurut Wens, media online dengan media koran tidak bisa disamakan. Koran lebih jelas halamannya berapa, modal iklan digital dapat disesuaikan dengan budget dari pengiklan.

    “Kalau kita misalnya minimal Rp 100 juta, orang ini cuma punya Rp 10 juta, kita sesuaikan. Jadi dengan begitu tidak ada yang tetap dan baku,” tandasnya.

    (mdk/mdk)



    Komentar Pembaca: