Hadiri Lebaran Betawi

    Presiden Jokowi Ingatkan Ancaman Budaya Asing

    Minggu, 30 Juli 2017 - 18:02 Editor : Redaksi Dibaca : 132 Views

    Menit.co.idPresiden Joko Widodo hadir dalam penutupan Festival Lebaran Betawi di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Jakarta, Minggu (29/7).

    Dalam sambutannya, Jokowi menyebut bahwa ajang semacam ini penting untuk menjaga kelestarian adat dan seni di tengah-tengah terpaan budaya asing.

    “Merawat menjaga kearifan lokal dan budaya penting sekali. Karena intervensi peradaban Barat dan dari negara lain sangat mendesak,” kata Jokowi.

    Karena itu untuk melestarikan budaya Betawi di Setu Babakan dibangun Pusat Budaya Betawi di mana penyelenggaraan Lebaran Betawi dipusatkan.

    Saat mengunjungi Lebaran Betawi, Jokowi berkesempatan melihat berbagai lukisan seniman lokal yang dipamerkan seperti lukisan penari Betawi dan kehidupan kerakyatan di pelosok Jakarta.

    Kehadiran Jokowi di Festival Lebaran Betawi untuk yang pertama kalinya sejak menjabat sebagai Presiden. Hal ini mendapat apresisasi postif dari Ketua Umum Badan Musyawarah Betawi Zaenuddin.

    “Encang, encing, abang, none, enyak, babeh, Alhamdulillah Lebaran Betawi ke-10 dihadiri langsung oleh Presiden kita tercinta. Saya baru pertama kali pidato di depan Presiden jadi grogi,” ujarnya sambil terkekeh yang diikuti oleh gelak tawa hadirin.

    Ia menyatakan sukacitanya karena Pemerintah yang semakin menghargai warga Betawi.

    “Orang Betawi bangga karena nggak terpinggirkan, nggak terkucilkan. Kami bangga karena negara telah memberi penghargaan ke orang-orang dan budaya Betawi,” katanya.

    Ia pun mencontohkan pecahan uang dengan desain baru sebagai bukti penghormatan Pemerintah erhadap masyarakat Betawi.

    “Lihatlah uang pecahan dua ribu. Sudah ada foto pahlawan dari Betawi, Bang MH Thamrin. Lalu, Pemerintah melalui Pak Presiden, memberi anugerah tertinggi dari uang pecahan terbesar, 100 ribuan yang terpampang gambar tari Topeng Betawi,” kata Zaenuddin.

    (cnn/cnn)



    Komentar Pembaca: