Presiden Jokowi Minta Proyek Strategis Nasional Mampu Kurangi Kemiskinan

    Rabu, 2 Agustus 2017 - 18:20 Editor : Redaksi Dibaca : 101 Views

    Menit.co.idPresiden Joko Widodo meminta penjelasan tentang perkembangan proyek strategis nasional yang berkaitan dengan Jalan Tol Bukit Tinggi-Padang Panjang-Lubuk Alung-Padang.

    Penjelasan diminta oleh Jokowi karena proyek ini diyakini dapat mendorong percepatan pembangunan ekonomi di Provinsi Sumatera Barat dan sekitarnya.

    “Sehingga implementasinya harus betul-betul dikawal di lapangan dan nantinya pemanfaatannya juga ketemu optimal bagi kemajuan daerah dan kesejahteraan rakyat,” kata Jokowi dalam rapat terbatas membahas evaluasi proyek strategi nasional di Provinsi Sumatera Barat, Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (2/8).

    Jokowi menegaskan, Proyek Strategi Nasional (PSN) harus memiliki dampak yang dirasakan oleh masyarakat dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Sumatera Barat.

    Terlebih, menurut data yang dikantongi oleh Presiden, perekonomian Provinsi Sumatera Barat dalam triwulan I tahun 2017 tumbuh 4,91 persen.

    “Dan PSN juga harus bisa jadi pengungkit dalam upaya penurunan angka pengangguran, menekan ketimpangan, mengurangi kemiskinan,” katanya.

    Selain itu, Jokowi meminta program prioritas baik yang bersumber dari APBN maupun APBD, dilihat lagi sejauh mana implementasi program-program tersebut bisa menyentuh 6,87 persen penduduk prasejahtera penduduk miskin di Sumatera Barat dan juga bisa menurunkan pengangguran terbuka yang masih berada pada angka 5,8 persen.

    (mdk/mdk)



    Komentar Pembaca: