Rawan Kecelakaan, Kapolda Riau Larang Pelajar Bawa Motor

    Sabtu, 23 September 2017 - 20:30 Editor : Redaksi Dibaca : 133 Views

    Menit.co.id – Kapolda Riau Brigjen Pol Nandang mengingatkan kepada para orangtua pelajar baik dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas agar tidak memberikan kendaraan bermotor. Hal ini dikatakannya untuk mengurangi jumlah kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

    Menurut Nandang, ‎pelajar tidak masuk kriteria dan administrasi dalam berlalu lintas. Seperti contoh kepemilikan Surat Izin Mengemudi, para pelajar yang masih di bawah umur tidak diberikan izin oleh kepolisian.

    “Orangtua jangan memberikan izin anaknya untuk membawa kendaraan di jalan raya. Pelajar belum masuk kriteria administrasi dan hukum undang-undang berkendaraan. Pelajar jangan membawa kendaraan,” kata Nandang, saat menggelar syukuran HUT Polantas ke 62, di Gedung Bhayangkara Mako Brimob Polda Riau, Jumat (22/9).

    Nandang tidak ingin ‎para pelajar nantinya akan menjadi potensi terjadinya kecelakaan di jalan raya, jika tetap diizinkan orangtuanya. Sebab, usia para pelajar rentan dengan emosi yang tidak terkontrol dalam berkendara.

    “Sekali lagi diingatkan kepada orangtua, jangan biarkan anak kita yang masih pelajar membawa kendaraan. Itu berdampak pada terjadinya korban kecelakaan. Jangan sampai meninggal sia-sia,” ucap Nandang.

    Untuk mengurangi angka kecelakaan di jalan raya, Nandang memberikan semangat kepada anak buahnya agar tidak bosan memberikan penyuluhan. Dia mengingatkan arti sebuah kesadaran dalam berlalu lintas perlu ditingkatkan.

    “Sosialisasikan kepada masyarakat untuk melakukan kesadaran dalam berkendara. Intinya lakukan penyuluhan dan penerangan menjadi satu pilihan untuk masyarakat agar lebih sadar,” pesan Nandang kepada anak buahnya.

    Nandang mengucapkan rasa terima kasih kepada jajaran Polisi Lalu Lantas yang dinilai sudah bekerja dengan baik dalam melayani masyarakat yang berkendara di jalan raya.

    “Polantas harus selalu memberikan pelayanan yang semaksimal mungkin di jalan raya. Berikan arahan dan bantuan setiap pengendara baik pejalan kaki, maupun kendaraan,” kata Nandang.‎

    Syukuran HUT ke -62 Polantas itu juga dimeriahkan oleh peragaan Polisi Cilik (Pocil) yang diperagakan pelajar Sekolah Dasar (SD) Pelalawan.

    Nandang juga melakukan penandatanganan MOU antara Ditlantas dengan Radio Gress FM dan juga Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Riau serta Jasa Raharja.

    (mdk/mdk)



    Komentar Pembaca: