Tiga Deretan Kendaraan Tempur Terbaik Buatan Indonesia

    Kamis, 22 Maret 2018 - 09:44 Editor : Redaksi Dibaca : 1855 Views

    Menit.co.id Jika selama ini kendaraan tempur beli dari negara lain, Indonesia sekarang sudah bisa memproduksi sendiri. Lebih canggih dan unggul. Bahkan sudah banyak negara membeli kendaraan tempur buatan Indonesia. Malaysia, Singapura dan negara-negara Afrika serta Timur Tengah menjadi langganan.

    Kendaraan tempur buatan dalam negeri kini menjadi kebanggaan. Ada beberapa kendaraan tempur buatan dalam negeri. Berikut kendaraan-kendaraan terbaik buatan Indonesia:

    1. Panser Anoa
    Panser Anoa, kendaraan tempur (ranpur)yang pernah ditumpangi Presiden Joko Widodo (Jokowi)saat rapat pimpinan (rapim) TNI 2017. Ranpur ini asli buatan Indonesia alias produk lokal PT Pindad (persero).

    Panser Anoa

    Panser Anoa ini mulai dikenalkan sejak gelaran Indo Defence 2014. Kendaraan tersebut sanggup melintas di darat dan di air. Ranpur ini memiliki konfigurasi 6X6 dengan panjang 6 meter, lebar 2,5 meter, dan tinggi 2,63 meter.

    Kemudian memiliki berat kosong 12,5 ton dan kapasitas bahan bakar sebanyak 200 liter. Terkait kecepatan, on highway bisa mencapai 80 km/h, off road 30 km/h, dan 10 km/h in water. Panser anoa ini bisa memiliki jangkauan hingga 600 km dengan tenaga mesin diesel in line 6 cyliendre 320 HP dan tranmisi automatic.

    2. Tank Badak
    Badak merupakan panser dipersenjatai meriam dengan delapan roda besar. Panjang kendaraan ini mencapai 6 meter, dengan lebar 2,5 meter dan tinggi 2,9 meter. Kokohnya bentuk kendaraan ini bahkan bisa menjangkau medan sulit bila dicapai kendaraan tempur berat, seperti tank.

    Tank Badak

    Badak buatan PT Pindad (persero) memiliki meriam dengan peluru 90 milimeter. Meriam ini membuat Badak memiliki daya rusak cukup besar. Apalagi ukuran kalibar itu sama seperti digunakan kendaraan tank. Untuk keamanan, Badak menggunakan tingkat keamanan level dua.

    3. Jip tempur P6 ATAV
    Saat menghadiri Rapat Pimpinan TNI/Polri di kompleks Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menaiki jip tempur P6 ATAV (All Terrain Assault Vehicle). Kendaraan taktis ini asli buatan Indonesia yaitu PT Sentra Surya Ekajaya (SSE).

    Jip tempur P6 ATAV

    P6 ATAV milik Satuan Detasemen Bravo (Satbravo 90) Paskhas TNI AU. Sebagai kendaraan serbu, P6-ATAV dilengkapi dudukan untuk senjata, mulai dari upper gun mounting dan side gun mounting. Sementara itu, empat ban P6 sanggup menahan terjangan proyektil. P6 ATAV menggunakan transmisi otomatis dengan dilengkapi kapasitas tangki bahan bakar sebesar 120 liter.

    Ketika kondisi bahan bakar penuh, P6 ATAV sanggup melaju sejauh 500 km. Kecepatan maksimum mencapai 120 kilometer per jam di kondisi jalan mulus. Dengan bobot hanya sekitar 2 ton, kendaraan ini bisa dibawa menggunakan Hercules atau digantung ke helikopter berat.

    (mdk/mdk)



    Komentar Pembaca: