Upacara HUT RI Ke-72 Jadi Momentum ‘Berdamai’ Megawati dan SBY

    Jumat, 18 Agustus 2017 - 20:52 Editor : Redaksi Dibaca : 210 Views

    Menit.co.id – Upacara HUT RI saban tahun digelar di Istana Merdeka, Jakarta. Tak ada yang aneh. Sebab, sudah menjadi kegiatan rutin Istana Kepresidenan.

    Namun, perayaan HUT RI ke-72 di Istana, Kamis (17/8) kemarin, cukup berbeda dari biasanya. Sebab, selain dari busana daerah yang baru kali pertama digunakan presiden hingga para tamu undangan di acara HUT RI, ada sebuah peristiwa yang baru pertama kali terjadi. Apa itu?

    Adalah kedatangan seluruh mantan presiden RI yang masih hidup di upacara HUT RI. Dari Presiden ke-3 RI BJ Habibie, Presiden ke-5 Megawati Soekarno-putri, hingga Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hadir di Istana.

    Hal ini tentu menjadi perhatian publik. Terutama kehadiran Megawati dan SBY. Sebab, selama ini Megawati dan SBY tak pernah kompak hadir dalam perayaan HUT RI di Istana.

    Selama SBY berkuasa 10 tahun, 2004-2014, Megawati tak pernah menghadiri upacara HUT RI di Istana. Begitu pula dengan SBY, sejak lengser digantikan Jokowi pada 2014, baru tahun ini menghadiri upacara HUT RI di Istana.

    Seperti diketahui, hubungan keduanya memang kurang baik setelah SBY mundur dari posisi menteri di kabinet Megawati dan maju Pilpres pada 2004 melawan Megawati. Sejak itu hubungan keduanya dingin.

    Jokowi ajak mantan presiden berfoto ©Agus Suparto/Presidential Palace

    Saat upacara berlangsung, Megawati dan SBY duduk persis berada di belakang Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla. SBY duduk persis di belakang Presiden Jokowi.

    Sementara Megawati duduk persis di belakang Wapres JK. Posisi urutan mereka duduk yakni SBY, BJ Habibie dan Megawati.

    Posisi antara SBY dengan BJ Habibie dan Megawati berada dalam satu shaf. Namun antara tempat duduk mereka dipisahkan jalan. Jika BJ Habibie dan Megawati duduk berdekatan, SBY berada di seberangnya karena di tengah mereka ada jalan.

    SBY dan Megawati sempat bersalaman. Berdasarkan sebuah foto yang beredar, keduanya tampak bersalaman dengan senyuman di bibir.

    Usai upacara, Presiden Jokowi, Wapres Jusuf Kalla dan para tamu VVIP, termasuk para mantan Presiden langsung masuk ke dalam Istana. Di dalam Istana, Jokowi, JK, dan para mantan presiden berfoto bersama.

    BJ Habibie berada di posisi paling pojok sebelah kanan Jokowi. Di sebelah kirinya ada Iriana Jokowi dan Presiden Jokowi. Di sebelah kiri Jokowi atau persis posisi tengah ada Megawati Soekarnoputri.

    Di sebelah kiri Mega ada Wapres JK dan istri Mufidah Kalla. Di sebelahnya, alias di posisi pojok kanan ada SBY dan istri Ani Yudhoyono.

    Suasana hangat dan penuh senyum terpancar dari wajah mereka saat foto bersama. Usai acara, SBY pun menyapa para wartawan saat hendak pulang ke Cikeas.

    Para wartawan pun menanyakan soal pertemuannya dengan Megawati. SBY pun mengaku sempat ngobrol dengan ketua umum PDIP itu.

    “Banyak. Yang diobrolkan banyak,” kata SBY usai menghadiri Upacara Pengibaran Bendera Pusaka, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

    Namun saat ditanya soal hubungannya dengan Megawati, SBY enggan menjawabnya. Ketua Umum Partai Demokrat itu spontan langsung bergegas sembari mendoakan para wartawan sukses selalu.

    “Kasih jalan ya. Maaf, maaf. Baik-baik ya anakanak ya, sukses selalu ya. Makasih ya,” katanya.

    Putra sulung SBY, Agus Harimurti Yudhoyono mengungkapkan selain berfoto bersama, usai upacara, Presiden Jokowi juga menjamu makan siang seluruh tamu undangan tak terkecuali SBY dan Megawati.

    “Oh iya (makan siang bersama). Tadi kan dijamu Presiden, ada tumpengan diberikan kepada pejuang 1945 yang masih bersama kita,” kata Agus di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

    Meski demikian, Agus mengaku tak melihat apakah SBY dan Megawati duduk satu meja saat makan siang tersebut. Dia mengaku tak melihatnya.

    “Saya enggak lihat secara khusus, enggak perhatian satu per satu,” katanya.

    Di sisi lain, Agus mengatakan kedatangan SBY kali ini merupakan sebuah hal yang wajar. Sebab, menurutnya baru tahun ini sang ayah dapat memiliki waktu untuk menghadiri Upacara Peringatan HUT RI.

    “Kali ini beliau (SBY) bisa, tahun sebelumnya ada kegiatan, tahun ini bisa. Saya beserta keluarga saya yang lain bisa hadir acara di sini,” katanya.

    (mdk/mdk)



    Komentar Pembaca: