Andrea Dovizioso Berhasil Kalahkan Marc Marquez di MotoGP Jepang

    Minggu, 15 Oktober 2017 - 19:22 Editor : Redaksi Dibaca : 301 Views

    Menit.co.id – Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso, berhasil mengalahkan Marc Marquez dalam duel membara hingga menjelang garis finis di MotoGP Jepang 2017.

    Siapa yang mengira balapan basah di Motegi, Minggu (15/10), akan menyuguhkan pertarungan luar biasa ketat, sengit dan seru antara dua pembalap yang sedang memperebutkan gelar juara: Dovizioso versus Marquez.

    Duel kedua pembalap seolah juga mengingatkan akan pertarungan yang terjadi sebelumnya di Red Bull Ring, Austria lalu. Saat itupun, balapan dimenangi Dovizioso, yang mengalahkan Marquez, juga hingga lap terakhir.

    Selepas start, Marquez melesat untuk memimpin di depan, mengungguli Jorge Lorenzo dan Danilo Petrucci, sedangkan Dovizioso berada pada posisi keenam.

    Satu lap berikutnya, Marquez kehilangan posisi pertama, usai disalip Lorenzo, dengan Dovizioso naik ke posisi keempat, di belakang rookie Yamaha Tech 3, Johann Zarco.

    Petrucci mengambil alih pimpinan balapan pada Lap 3, sedangkan Marquez posisi ketiga, di depan Dovizioso. Duel belum terjadi di antara keduanya, tetapi Marquez mulai memburu posisi pertama yang ditempati Petrucci.

    Setelah membayangi Petrucci cukup lama, Marquez menyalip pembalap Pramac Racing itu pada Lap 12, tepatnya di Tikungan 12. Namun, satu lap kemudian, Dovizioso berada di belakang Marquez, ketika juga menyalip Petrucci untuk posisi kedua.

    Duel membara antara Marquez versus Dovizioso pun dimulai pada Lap 14. Perlahan namun pasti, Dovizioso memangkas selisih jarak dari rivalnya tersebut.

    Memasuki lima lap terakhir, pertarungan semakin panas di antara kedua pembalap. Dovizioso menyalip, tapi Marquez tak menyerah begitu saja. Aksi saling overtaking pun tak terhindarkan. Bahkan, beberapa kali terjadi pergantian posisi teratas pada tiga lap terakhir.

    Lap terakhir menjadi puncak duel membara kedua pembalap. Marquez yang memimpin membuat kesalahan ketika hampir terjatuh dan membuat Dovizioso mendekat.

    Tepat di tikungan terakhir, Marquez menyalip Dovizioso. Namun, pembalap Italia itu mampu membalas dan akhirnya mengalahkan sang juara dunia bertahan.

    Kemenangan di Motegi merupakan yang kelima bagi Dovizioso pada musim ini. Ia sebelumnya merajai balapan di Mugello, Catalunya, Red Bull Ring dan Silverstone.

    Selain itu, yang terpenting adalah Dovizioso memangkas selisih poin dalam klasemen sementara, di mana ia kini terpaut 11 poin dari Marquez.

    Podium kemudian dilengkapi Petrucci, menyamai pencapaian Mugello, Assen dan Misano. Di belakangnya ada duo Suzuki, yang meraih hasil terbaik sejauh musim 2017. Andrea Iannone finis keempat, diikuti rekan setim Alex Rins.

    Lorenzo finis keenam, setelah kesulitan pada lap-lap awal. Ia berhasil mengungguli Aleix Espargaro dan Zarco. Adapun, Maverick Vinales harus puas finis kesembilan. Dan pembalap Avintia Racing, Loris Baz, melengkapi 10 besar.

    Raihan mengecewakan ditorehkan Valentino Rossi, yang gagal finis setelah terjatuh di Tikungan 8 pada Lap 6. Kegagalan finis di Motegi mengulangi hasil buruk musim lalu, di mana ia juga terjatuh saat balapan.

    The Doctor bukan satu-satunya pembalap yang tak finis. Lima pembalap lainnya juga terjatuh, yakni Dani Pedrosa, Karel Abraham, Cal Crutchlow, Alvaro Bautista dan pembalap pengganti di Yamaha Tech 3, Kohta Nozane.

    KTM, mencuri perhatian pada kualifikasi, meraih hasil finis ke-11 yang dicetak Pol Espargaro. Rekan setim Bradley Smith gagal mencetak poin, karena hanya mampu finis ke-17. Dan akhirnya Sam Lowes meraup poin perdana, usai keberhasilan finis ke-13.

    Seri MotoGP berikutnya akan dihelat di Sirkuit Phillip Island, Australia pada 22 Oktober pekan depan. Dan selanjutnya akan dihelat di Sirkuit Sepang, Malaysia pada 29 Oktober mendatang.

    Sumber: Motorsport

     



    Komentar Pembaca: