Andrea Dovizioso Menangi Balapan MotoGP Malaysia 2017

    Minggu, 29 Oktober 2017 - 17:27 Editor : Redaksi Dibaca : 310 Views

    Menit.co.id – Andrea Dovizioso memenangi balapan MotoGP Malaysia, sedangkan Marc Marquez finis keempat. Penentuan gelar juara pun ditentukan pada seri pamungkas Valencia.

    Hujan deras mengguyur Sepang beberapa saat sebelum dimulainya kelas premier, Minggu (29/10). Race Direction kemudian menyatakan wet race (balapan basah).

    Meski start ketujuh, Marquez tampil bagus. Ia menyodok pada posisi kedua, di belakang rookie Johann Zarco, sementara Dovizioso menempati posisi kelima.

    Satu lap berikutnya, Zarco masih memimpin di depan, Lorenzo merebut posisi kedua dan sekaligus menggusur Marquez turun pada posisi ketiga. Adapun, Dovizioso menyalip Dani Pedrosa untuk posisi keempat.

    Lap 4, terjadi duel antara Marquez versus Dovizioso yang memperebutkan posisi ketiga, yang seolah mengulangi pertarungan keduanya pada seri Motegi. Dovizioso sendiri berhasil menyalip Marquez satu lap kemudian.

    Pimpinan balapan berubah ketika memasuki Lap 9. Lorenzo menyalip Zarco untuk posisi pertama, dan tak berapa lama diikuti Dovizioso. Ducati 1-2 di Sepang, dengan Marquez masih berada pada posisi keempat

    Menjelang berakhirnya balapan, Lorenzo yang sempat unggul jauh secara perlahan mulai didekati Dovizoso. Enam lap terakhir, jarak kedua pembalap hanya terpaut 0,467 detik.

    Dan sebuah kesalahan yang dilakukan Lorenzo di Tikungan 15 – melebar – membuka celah bagi Dovizioso untuk masuk dan merebut posisi teratas pada lima lap terakhir.

    Memimpin di depan, Dovizioso melaju kencang dan tampil begitu solid, seingga ia akhirnya tak terbendung untuk meraih kemenangan keenamnya pada musim ini. Lorenzo finis kedua dan Zarco melengkapi podium.

    Marquez harus puas finis keempat, di depan rekan setim Pedrosa. Pembalap Pramac Racing, Danilo Petrucci, finis keenam setelah mengungguli rekan kompatriot Valentino Rossi.

    Jack Miller berhasil finis kedelapan, mengalahkan pembalap Yamaha, Maverick Vinales dan Pol Espargaro (KTM).

    Pembalap pengganti Jonas Folger di Yamaha Tech 3, Michael van der Mark, finis ke-16. Ia tak meraup poin pada debutnya di kejuaraan dunia Grand Prix.

    Tiga pembalap tercatat tidak finis, yakni Sam Lowes (Aprilia), Karel Abraham (Aspar Team) dan Loris Baz (Avintia Racing). Rookie Suzuki, Alex Rins didiskualifikasi.

    Dengan hasil ini, maka keunggulan Marquez berkurang menjadi 21 poin atas Dovizioso, dan sekaligus membuat penentuan gelar juara ditentukan di Valencia pada 12 November mendatang.

    Sumber: Motorsport



    Komentar Pembaca: