Jack Miller sabet Pole Perdana MotoGP Argentina 2018

    Minggu, 8 April 2018 - 10:11 Editor : Redaksi Dibaca : 1068 Views

    Menit.co.id Penampilan sensasional ditunjukkan pembalap anyar Pramac Racing, Jack Miller, pada kualifikasi MotoGP Argentina. Ia menghentikan dominasi Marc Marquez.

    Sesi berjalan dalam tempo lambat pada menit-menit awal, Minggu (8/4) dini hari. Kondisi trek Termas de Rio Hondo juga masih basah, walau di beberapa bagian mulai mengering.

    Dani Pedrosa membuka jalannya kualifikasi di posisi pertama. Tetapi ia lalu digusur Johann Zarco dan rekan setim Marquez, serta tak berapa lama, Aleix Espargaro yang menembus di bawah 1 menit 49 detik.

    Kendati demikian, perebutan pole position yang sesungguhnya justru saat enam menit tersisa. Miller, Marquez dan Cal Crutchlow menuju lintasan dengan ban slick (kering), walau kemudian sang juara dunia hanya bertahan sebentar. Ia memutuskan masuk pit untuk kembali memakai ban basah.

    Pada saat yang bersamaan, Espargaro memperbaiki catatan waktunya. Pembalap Aprilia ini seolah bakal keluar sebagai polesitter, melihat performanya juga kuat. Yang terjadi, ia malah kehilangan posisi dari Alex Rins dan Pedrosa.

    Tepat 10 detik terakhir, Miller melompat dari posisi kesembilan untuk kelima, dengan masih memakai ban slick. Dan ketika semuanya mengira pole position bakal diklaim Pedrosa, pembalap Australia itu membuat kejutan pole. Ia membukukan catatan waktu tercepat 1 menit 47,153 detik.

    Pole position di Argentina merupakan perdana bagi Miller sejak debut kelas premier pada 2015. Ia juga membubuhkan rekor sebagai pembalap satelit Ducati pertama yang berhasil start terdepan usai kualifikasi.

    Zarco melengkapi baris depan, mengungguli Tito Rabat dan Rins. Sedangkan Marquez harus puas posisi keenam, sekaligus gagal meneruskan raihan pole position lima kali beruntun di Termas de Rio Hondo.

    Espargaro menghuni posisi ketujuh, di depan Andrea Dovizioso, yang berhasil melaju ke Q2. Di belakangnya ada Maverick Vinales, diikuti Crutchlow dan Valentino Rossi. Adapun, The Doctor lebih lambat 2,173 detik.

    Andrea Iannone akan mengawali balapan dari posisi ke-12, dengan Jorge Lorenzo meraih hasil buruk, yakni start ke-14. Pembalap Spanyol ini bahkan dikalahkan Alvaro Bautista (Angel Nieto Team) saat menjalani sesi Q1.

    Sementara tiga rookie: Franco Morbidelli, Hafizh Syahrin dan Takaaki Nakagami, kompak mengisi baris start paling belakang. MotoGP Argentina bakal dihelat Senin (9/4) dini hari, pukul 01:00 WIB.

    Sumber: Motorsport



    Komentar Pembaca: