Jorge Lorenzo Pecahkan Rekor Lap Tes Sepang MotoGP 2018

    Selasa, 30 Januari 2018 - 19:37 Editor : Redaksi Dibaca : 406 Views

    Menit.co.id – Pebalap Ducati, Jorge Lorenzo, mencetak catatan waktu tercepat pada hari terakhir tes pramusim Sepang. Ia memecahkan rekor lap milik Marc Marquez.

    Hari ketiga, atau terakhir, berlangsung dalam cuaca cerah, dan dengan suhu trek yang boleh dibilang sangat panas, Selasa (30/1). Akan tetapi, kondisi itu rupanya justru membuat catatan waktu para pembalap meningkat dibandingkan hari kedua.

    Hanya butuh 15 menit pertama, Marc Marquez langsung menembus di bawah dua menit, tepatnya 1 menit 59,895 detik. Namun, pembalap Repsol Honda itu lalu digusur Alex Rins, Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa.

    Kejutan lalu terjadi saat tersisa waktu enam jam 12 menit. Menggunakan pengembangan ban baru Michelin, Lorenzo mencetak lap tercepat 1 menit 58,830 detik – memecahkan catatan milik Marquez pada tes pramusim Sepang 2015 (dengan Bridgestone).

    Usai membukukan lap tercepat, pembalap Ducati itu mengalami kecelakaan kecil di sektor dua sirkuit. Untungnya, kondisi X-Fuera tak cedera serius. Walaupun ia kemudian memilih bertahan lama di garasi.

    Dengan catatan waktu Lorenzo yang di bawah 1 menit 59 detik, praktis sulit bagi pembalap lain untuk menyamai atau bahkan mematahkannya. Ditambah, hampir tak ada aktivitas di lintasan hingga empat jam terakhir.

    Para pembalap baru kembali melanjutkan tes saat tersisa dua jam, dengan Andrea Dovizioso memperbaiki catatan waktunya. Pembalap Italia ini juga sempat terjatuh.

    Kendati demikian, tak ada perubahan dalam catatan waktu hingga berakhirnya tes. Lorenzo menjadi yang tercepat, mengungguli rekan kompatriot Pedrosa dan pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow.

    Posisi keempat akhirnya ditempati Dovizioso, lebih lambat 0,039 detik dari Lorenzo. Di belakangnya ada Jack Miller, yang terus melanjutkan performa impresif bersama Pramac Racing.

    Penampilan apik juga kembali ditunjukkan Alex Rins (Suzuki). Sepertinya mesin baru GSX-RR mulai memperlihatkan hasil positif. Pembalap Spanyol itu bahkan berada di depan juara dunia bertahan Marquez, yang berada di posisi ketujuh.

    Setelah tampil kuat pada Senin (29/1), Yamaha mengendur pada hari terakhir. Valentino Rossi hanya menghuni posisi kedelapan dengan catatan waktu terbaik 1 menit 59,449 detik. Bahkan, rekan setim Maverick Vinales tercecer di posisi ke-18 dan lebih lambat 1,717 detik.

    Pembalap Tech 3, Johann Zarco, menempati posisi kesembilan dan Danilo Petrucci (Pramac Racing) melengkapi 10 besar, mengungguli Tito Rabat (Avintia Racing).

    Pembalap anyar LCR Honda, Takaaki Nakagami, menjadi rookie MotoGP terbaik dalam hasil hari terakhir tes Sepang. Ia mengisi posisi ke-14 atau tiga tingkat di atas Franco Morbidelli (Marc VDS).

    Sementara itu, Pol Espargaro absen setelah mengalami kecelakaan pada hari kedua. Rekan setim Bradley Smith menguji coba fairing baru pada KTM RC16.

    Tiga insiden mewarnai jalannya tes hari terakhir. Di antaranya melibatkan Dovizioso, Tito Rabat (Avintia Racing) dan rookie Thomas Luthi (Marc VDS).

    Tes pramusim MotoGP berikutnya akan dihelat di Sirkuit Buriram, Thailand pada 16-18 Februari mendatang. Dikuti motorsport.com.

    (zik/zik)



    Komentar Pembaca: