Marc Marquez Berhasil Juarai Balapan MotoGP Aragon 2017

    Minggu, 24 September 2017 - 20:26 Editor : Redaksi Dibaca : 364 Views

    Menit.co.id – Pebalap Marc Marquez berhasil mengalahkan rekan setim Dani Pedrosa dalam ajang balapan di MotoGP Aragon 2017. Sedangkan Maverick Vinales finis keempat dan Valentino Rossi kelima.

    Balapan pada Minggu (24/9/17) waktu setempat benar-benar berjalan seru dan menarik. Mulai dari agresivitas Marquez, start bagus Jorge Lorenzo, dan hingga lanjutan penampilan sensasional Valentino Rossi.

    Seperti biasa, Lorenzo melakukan start dengan sangat baik dan menempati posisi terdepan usai tikungan pertama. Maverick Vinales kedua, Rossi ketiga, Andrea Dovizioso keempat, sedangkan Marquez pada posisi keenam.

    Lorenzo masih memimpin balapan, tapi mendapat ancaman kuat dari Rossi, terutama setelah The Doctor menyalip Vinales untuk posisi kedua pada lap pembuka. Di belakang ketiga pembalap ada Dovizioso dan Marquez.

    Pada Lap 7, tepatnya di Tikungan 12, Marquez mulai menyerang para rival di depannya. Ia sempat melebar, tapi masih mampu mempertahankan posisi ketiga di depan Dovizioso, yang disalipnya pada akhir lap sebelumnya.

    Dua lap kemudian, Marquez membuat kesalahan. Berusaha menyalip Rossi untuk posisi ketiga, ia melebar di Tikungan 12. Juara dunia bertahan itu pun melorot turun di posisi keempat, di belakang Dovizioso.

    Kendati demikian, Marquez justru terlihat semakin bernafsu. Setelah mengatasi Rossi pada Lap 13, Marquez memulai perburuan posisi pertama yang ditempati Lorenzo. Duel antar pembalap Spanyol pun tak terhindarkan di Aragon.

    Dan akhirnya pada Lap 8 – lagi-lagi di Tikungan 12 – Marquez menyalip Lorenzo. Pemimpin balapan berganti, dengan pembalap Repsol Honda memimpin di depan.

    Mendekati lap-lap akhir, Marquez semakin menegaskan dominasinya. Sebaliknya Lorenzo tampak mengendur. Berupaya keras mempertahankan posisi kedua, pembalap Ducati itu lalu disalip Pedrosa pada tiga lap terakhir.

    Dengan laju kencang Marquez yang sudah sulit dibendung, maka ia akhirnya keluar sebagai pemenang balapan, diikuti Pedrosa, yang sekaligus melengkapi podium 1-2 oleh skuat Repsol Honda.

    Lorenzo finis ketiga, raihan terbaik kedua setelah podium ketiga di Jerez. Ia berhasil finis di depan Vinales. Dan walau finis kelima, hasil yang dicapai Rossi ini tetap layak diapresiasi, mengingat The Doctor baru pulih dari cedera patah kaki.

    Pembalap Aprilia, Aleix Espargaro, secara mengejutkan merebut posisi keenam, mengungguli Dovizioso yang dipaksa finis ketujuh. Raihan mengejutkan juga dicetak Alvaro Bautista (Aspar Team) untuk posisi kedelapan.

    Rookie Yamaha Tech 3, Johann Zarco, berhasil finis kesembilan. Dan melengkapi 10 besar ada Pol Espargaro, yang mengalahkan wild card KTM, Mika Kallio.

    Dua pembalap tercatat tidak finis di Aragon, yakni Karel Abraham (Aspar Team) yang terjatuh di awal balapan, dan Cal Crutchlow (LCR Honda) kecelakaan di Tikungan 14 pada tujuh lap terakhir.

    Kemenangan di Aragon merupakan yang kelima bagi Marquez pada musim ini, dan juga back-to-back usai merajai balapan MotoGP San Marino dua pekan lalu.

    Dan dengan kemenangannya tersebut, Marquez kini unggul 16 poin atas Dovizioso, dan 28 poin dari Vinales pada klasemen sementara MotoGP. Pembalap Spanyol itu mengoleksi 224 poin, sedangkan Dovizioso menorehkan 208 poin, dan Vinales 196 poin.

    Seri MotoGP berikutnya dihelat di Sirkuit Motegi, Jepang pada 15 Oktober bulan depan. Para pembalap dan tim akan menjalani libur balapan selama tiga pekan. Demikian dilansir dari Motorsport.com.

    (zik/zik)



    Komentar Pembaca: