Pembalap Malaysia Hafizh Syahrin Resmi Turun ke MotoGP 2018

    Rabu, 21 Februari 2018 - 22:04 Editor : Redaksi Dibaca : 373 Views

    Menit.co.id – Pebalap Grand Prix asal Malaysia, Hafizh Syahrin, resmi menjadi pebalap pertama dari Asia Tenggara yang memperkuat tim MotoGP setelah dikontrak tim Tech3 Yamaha untuk musim 2018.

    Manajemen Tech3 tetap mengontrak Syahrin meski pebalap 23 tahun itu tampil kurang impresif dalam tes resmi di Sirkuit Buriram, Thailand, akhir pekan lalu. Syahrin menjadi pebalap tercepat ke-21 dan kalah 1,756 detik dari Dani Pedrosa [Repsol Honda].

    “Saya sangat senang setelah menerima kabar bagus ini, bahwa saya akan membalap untuk tim Monster Yamaha Tech3 untuk musim 2018. Saya akan melakukan yang terbaik. Setelah tes tiga hari di Buriram, saya banyak belajar,” ujar Syahrin dikutip dari situs resmi MotoGP.

    Syahrin dipilih manajemen Tech3 sebagai pengganti sementara Jonas Folger, yang harus absen di MotoGP 2018 karena menderita sindrom Gilbert. Sebagai pengganti Syahrin di kelas Moto2, tim Sirkuit Internasional Sepang [SIC] sebelumnya sudah menunjuk Zulfahmi Khairuddin.

    Keberhasilan Syahrin bisa bergabung dengan Tech3 tidak lepas dari usaha CEO SIC, Razlan Razali. Bos Tech3, Herve Poncharal, mengatakan Razali telah meyakinkan pihaknya untuk merekrut Syahrin.

    “Razlan Razali meyakinkan orang-orang di sekitar kami, kalau Syahrin akan menjadi pebalap MotoGP yang bagus. Makanya kami memberi dia tugas berat dalam tes di Buriram, dan dia menjalani tugas dengan bagus. Saya ingin bilang ke Syahrin, selamat datang ke keluarga kami!,” ucap Poncharal.

    Bergabungnya Syahrin dengan Tech3 merupakan sejarah dan membuat Malaysia semakin unggul dalam hal MotoGP. Pasalnya, Syahrin merupakan pebalap pertama asal Asia Tenggara yang akan tampil penuh di MotoGP.

    Sebelumnya, Malaysia merupakan satu-satunya negara yang menjadi tuan rumah MotoGP sepanjang 1998 hingga 2017, sebelum Thailand menjadi tuan rumah untuk kali pertama pada musim ini. Indonesia sendiri kali terakhir menjadi tuan rumah MotoGP pada 1996 dan 1997.

    Syahrin sudah tampil di ajang Moto2 pada 2011 dan tampil penuh pada musim 2014. Dengan koleksi tiga posisi podium, prestasi terbaik Syahrin adalah finis kedua di GP San Marino musim lalu.

    Syahrin akan kembali menguji motor M1 Tech3 pada tes pramusim terakhir di Sirkuit Losail, Qatar pada 1-3 Maret 2018. Syahrin akan melakoni debut MotoGP di sirkuit yang sama pada 18 Maret mendatang.

    (cnn/cnn)



    Komentar Pembaca: