Black Box Pesawat Lion Air JT-610 Ditemukan Dalam Keadaan Fisik Utuh

    Kamis, 1 November 2018 - 12:29 Editor : Redaksi Dibaca : 101 Views

    Menit.co.id Kotak hitam atau black box pesawat Lion Air JT-610 sudah ditemukan di perairan Karawang pada siang ini. Dansatgas SAR TNI AL Kolonel Laut Iswarto mengatakan saat ditemukan black box dalam kondisi fisik yang utuh.

    “Masih bagus, tinggal tunggu aja ada dokumentasi dan rilis tersendiri,” kata Iswarto kepada wartawan di atas LCU KRI Banda Aceh 593-1 di Laut Karawang, Kamis (1/11).

    Iswarto menerangkan black box Lion Air JT-610 ditemukan di Laut Karawang, dengan titik koordinat 05° 48′ 46,2″ LS dan 107° 07′ 36,88″ BT. Kotak hitam ditemukan sekitar pukul 09.30 WIB.

    Iswarto tak merinci lebih jauh soal kondisi atau proses penemuan kotak hitam tersebut. Dia hanya menyatakan setelah ditemukan, kotak hitam akan diserahkan ke pihak berwenang dalam hal ini Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

    “Kewenangan saya mencari, menemukan. Saya serahkan ke pihak berwenang,” ujar dia.

    Penemuan kotak hitam Lion Air JT-610 juga dibenarkan Kadispen TNI AL Kolonel Laut Mohamad Zaenal. Zaenal mengatakan kotak hitam ditemukan tim Penyelam Taifib Marinir, dan sudah diangkut ke kapal Baruna Jaya I.

    “Sudah confirmed ditemukan oleh Satgas SAR TNI AL, selanjutnya diserahkan kepada KNKT,” kata Zaenal saat dihubungi. “Data pendukung akan di update lebih lanjut,” lanjut dia.

    Kotak hitam itu disebut ditemukan penyelam Sertu Hendra. Benda tersebut lantas dimasukkan ke dalam kotak plastik berwarna putih dan tutup berwarna biru.

    Hendra memastikan kotak hitam dalam keadaan utuh. “Warna kotak oranye, kondisi utuh ditemukan di lumpur di kedalaman 30 meter,” jelas dia.

    Hendra mengungkapkan pihaknya agak kesulitan mengambil blackbox lantaran ada lumpur dan banyak serpihan pesawat.

    Setiap penyelam dibekali tali agar tidak terlempar terbawa arus dan sejumlah alat canggih untuk mendeteksi lokasi blackbox. “Alat kami kecilkan sensitifnya hingga area semakin mengecil,” ujar dia.

    Laporan koresponden CNN Indonesia TV di kapal Baruna Jaya I, perairan Karawang, kotak hitam Lion Air JT-610 ditemukan berkat alat Remotely Operated Vehicle (ROV) yang dimiliki kapal itu.

    Awalnya ROV tersebut menemukan serpihan badan pesawat dan sebuah syal yang diduga milik korban. Petugas kemudian membawa ping locater untuk menangkap sinyal ‘beep’ dari black box. Setelah ditemukan, kotak hitam langsung diangkat dan dibawa kapal Baruna Jaya I.

    Kotak hitam adalah perangkat yang biasanya melekat di alat transportasi. Di pesawat, kotak hitam merekam data penerbangan dan suara kokpit selama penerbangan.

    (cnn/cnn)



    Komentar Pembaca: