Kawasan Chinatown Siak Terbakar Saat Perayaan Imlek 2569

    Sabtu, 17 Februari 2018 - 14:03 Editor : Redaksi Dibaca : 270 Views

    Menit.co.id – Warga Kabupaten Siak dikagetkan dengan Kebakaran hebat yang melanda deretan ruko-ruko kuno, Chinatown Kabupaten Siak, Sabtu (17/2/2018) dini hari.

    Suka cita masyarakat Tionghoa Siak yang merayakan tahun baru Imlek 2569 tersebut mendadak menjadi pilu dan menyedihkan.

    Lokasi kebakaran itu tidak jauh dari Istana Asherayah Hasyimiyah (Istana Siak), dan berdampingan dengan kelenteng tertua Siak, Hock Siu Kiong dan pasar seni Siak.

    Tepatnya di jalan Sultan Ismail dan Jalan Pepaya, Kampung Dalam, kecamatan Siak, kabupaten Siak. Sebab, lokasi yang terbakar itu merupakan pusat perayaan Imlek, yang banyak didatangi pengunjung luar kota.

    Bedasarkan informasi dikutip dari Tribun Pekanbaru, api bersumber dari Toko Prima jalan Sultan Ismail. Diperkirakan api mulai memamah bangunan toko itu sekira pukul 03.00 WIB dini hari.

    Karena luput dari pantauan warga sehingga api membesar dan tidak dapat lagi dicegah. Maklum, bangunan kuno yang dicat serba merah itu, berkontruksi kayu. Bangunan itu sudah berumur puluhan tahun.

    Api diduga karena terjadi arus pendek. Apalagi penggunaan daya listrik di pecinan tersebut sangat tinggi, karena lampion perayaan Imlek 2569 menghiasi lokasi itu sepanjang malam.

    Belum ada laporan atau informasi mengenai korban meninggal dunia. Namun, sedikitnya ada 70 petak Ruko yang ludes dimamah si jago merah.

    Setelah api membesar dan merembet ke berbagai Ruko, barulah tim pemadam kebakaran tiba. Sebanyak 3 unit mobil Damkar dan 1 unit mesin portable dikerahkan.

    Adapun personil Damkar sebanyak 40 orang, dibantu personil Polsek Siak sebanyak 30 orang dan personil Koramil 03/Siak sebanyak 4 orang. Para petugas ini juga melakukan upaya penyelamatan orang dan penyelamatan barang-barang.

    (rdk/rdk)



    Komentar Pembaca: