Ketua Mahkamah Konstitusi Arief Hidayat Terbukti Lakukan Pelanggaran Etik

    Selasa, 16 Januari 2018 - 14:59 Editor : Redaksi Dibaca : 182 Views

    Menit.co.id – Dewan Etik Mahkamah Konstitusi (MK) menyatakan bahwa Ketua MK Arief Hidayat terbukti melakukan pelanggaran etik. Atas perbuatannya tersebut, Arief dijatuhi sanksi berupa teguran lisan.

    “Dewan Etik menyatakan bahwa hakim terlapor terbukti melakukan pelanggaran ringan terhadap kode etik dan perilaku konstitusi,” kata juru bicara MK Fajar Laksono, dalam keterangannya kepada wartawan di Gedung MK, Jakarta, Selasa (16/1).

    Menurut anggota Dewan Etik MK, Salahuddin Wahid, teguran ringan ini diberikan menyoal kedatangan Arief bertemu dengan sejumlah anggota Komisi III DPR. Pertemuan itu diduga merupakan lobi agar Komisi III DPR kembali mengusung Arief sebagai hakim konstitusi.

    Arief seharusnya bisa menghindari pertemuan itu karena berpotensi adanya pelanggaran etik. Sebab pertemuan itu terkait masa jabatan Arief secara pribadi.

    “Itu sebaiknya yang hadir itu Wakil Ketua MK supaya tidak terjadi potensi sekarang hingga tidak ada masalah apa apa,” ujar dia.

    Dewan Etik MK juga mengakui bahwa dalam mengambil keputusan terjadi perdebatan diantara mereka. Namun pada akhirnya Dewan Etik sepakat untuk memberikan sanksi teguran lisan tersebut kepada Hakim Arief.

    “Yang jelas keputusanya demikian dan kami secara sungguh sungguh dan tidak asal asal. Memang dalam mengambil keputusan itu tidak mudah,” katanya menambahkan.

    “Seorang hakim ada yang bilang teguran ringan ada bilang tidak ada pelanggaran dan akhirnya kami bersama sama memutuskan beliau dalam pelanggaran ringan,” kata Ketua Dewan Etik MK, Achmad Roestandi.

    Sumber: kumparan



    Komentar Pembaca: