Komisi Pemberantasan Korupsi OTT Bupati Bandung Barat

    Selasa, 10 April 2018 - 22:00 Editor : Redaksi Dibaca : 1477 Views

    Menit.co.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT). Kali ini, tim penindakan KPK dikabarkan menangkap Bupati Bandung Barat, Abu Bakar dan sejumlah pihak lain di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

    “Salah satu yang tadi diamankan adalah Bupati aktif dan sejumlah PNS,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi lewat pesan singkat, Selasa (10/4).

    Sejumlah pihak yang diamankan ini telah dibawa ke gedung KPK. Namun, Bupati Bandung Barat belum tiba di markas antirasuah untuk menjalani pemeriksaan intensif. “Sebagian dibawa ke KPK dan lainnya dilakukan pemeriksaan awal,” tuturnya.

    Dalam OTT ini, Abu Bakar diduga menerima uang suap dari pengusaha. Namun belum diketahui pasti jumlah uang disita dalam OTT terhadap Abu Bakar. KPK juga belum mengetahui pemberian uang itu terkait proyek apa.

    KPK memiliki waktu 1×24 jam untuk menentukan status dari pihak-pihak yang diamankan tersebut, termasuk Abu Bakar.

    Abu Bakar merupakan Bupati Bandung Barat dua periode, yakni 2008-2013 dan 2013-2018. Abu Bakar adalah kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

    Awak Media Penuhi Kediaman Bupati Bandung Barat

    Situasi kediaman Bupati Bandung Barat Abubakar terpantau ramai dipenuhi oleh awak media massa. Mereka menunggu konfirmasi terkait kebenaran penangkapan Abubakar oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Selasa (10/4).

    Berdasarkan pantauan, di rumah pribadi Abubakar di Jalan Mutiara 1, Desa/Kecamatan Lembang, sejumlah awak wartawan masih menunggu keterangan resmi. Namun beredar kabar, Abubakar tengah berada di rumah dinas di Padalarang bersama istri dan dua anaknya.

    Terpantau, satu kendaraan pribadi no plat D 218 UA jenis Mazda berwarna silver diparkir di halaman rumah bupati. Berdasarkan keterangan penjaga di rumah pribadi bupati mengungkapkan Abubakar pada siang hari baru menghadiri acara di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) di Hotel di Lembang.

    Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di wilayah Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa (4/10). Dalam OTT itu, KPK menangkap tujuh orang salah satunya adalah Bupati Bandung Barat.

    “Tadi, saya cek memang ada kegiatan tim penindakan di lapangan. Ada penyelenggara negara dan sejumlah pihak yang diamankan di salah satu kabupaten di Jawa Barat. Sekitar tujuh orang diamankan sejauh ini,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

    Febri menyatakan dari tujuh orang yang diamankan itu, sebagian sudah dibawa ke KPK dan lainnya sedang dilakukan pemeriksaan awal. “Salah satu yang tadi diamankan adalah bupati aktif dan sejumlah PNS,” ungkap Febri.

    Berdasarkan informasi, Bupati Bandung Barat Abu Bakar termasuk yang diamankan oleh tim KPK. KPK mempunyai waktu maksimal 24 jam untuk menentukan status pihak-pihak yang diamankan tersebut.

    (cnn/rpk)



    Komentar Pembaca: