Panglima TNI Sebut Titik Badan Pesawat Lion Air JT-610 Ditemukan

    Rabu, 31 Oktober 2018 - 10:53 Editor : Redaksi Dibaca : 113 Views

    Menit.co.id Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan pihaknya sudah mendapatkan titik terang koordinat jatuhnya pesawat Lion Air JT-610. Menurut dia, titik koordinat itu akan dipastikan lagi ke Badan SAR Nasional (Basarnas).

    “Titik terang adanya dugaan kuat adalah bagian dari fuselage (badan pesawat) JT-610 itu sudah ditentukan koordinatnya,” kata Hadi di Pelabuhan JICT, Jakarta Utara, Rabu (31/10).

    Hadi mengungkapkan sejumlah peralatan dan kapal sudah dikerahkan untuk mengecek titik koordinat jatuhanya pesawat itu.

    “Namun belum diyakinkan bahwa itu adalah bagian dari fuselage dari 610. Untuk itu, dari KRI Rigel termasuk dari geosurvey saat ini kami fokus pada satu titik,” kata dia.

    KRI Rigel tersebut memiliki kemampuan aeroki dan termasuk kapal hidros. KRI Rigel juga memiliki sistem multibram acho sounder yang bisa mengecek target di bawah permukaan laut.

    Basarnas, kata Hadi, juga menduga masih ada korban di titik koordinat tersebut. “Kemungkinan kuat adalah tempat fuselage yang kita cari. Karena kemungkinan besar korban masih ada di situ,” ucap dia.

    Kendati begitu, Hadi menyerahkan sepenuhnya keterangan kepada Kabasarnas untuk disampaikan secara resmi. Hingga kini pencarian masih dilakukan dan Basarnas membuka posko di Pelabuhan JICT.

    Sejak kemarin sudah ada 49 kantong jenazah yang ditemukan. Sementara pagi tadi Basarnas kembali mengevakuasi sebanyak dua kantong jenazah kembali.

    (cnn/cnn)



    Komentar Pembaca: