Polda Metro Jaya Bongkar Penyelundupan Sabu Asal Taiwan Dalam Forklift

    Kamis, 2 November 2017 - 20:33 Editor : Redaksi Dibaca : 459 Views

    Menit.co.id Polda Metro Jaya berhasil membongkar upaya peredaran narkotika jenis sabu asal Taiwan, di Tangerang, Banten. Aksi para pelaku menggunakan modus menyembunyikan barang haram itu di bagian kendaraan berat jenis forklift.

    “Kita sita metafetamin atau yang dikenal dengan sabu seberat 86,271 kilogram, serbuk warna oranye 41 gram, dan serbuk warna putih 58 gram,” kata Wakapolda Metro Jaya Brigjen Purwadi Arianto di Mapolda Metro Jaya, Kamis (2/11).

    Kasus itu terungkap pada 27 Oktober 2017. Tiga orang diamankan berinisial AD (39), RH (39), dan SG (43).

    Menurut Purwadi, awalnya petugas mendapatkan informasi adanya kiriman narkoba menggunakan kontainer dan berada di gudang PT. Transcon Indonesia Petikemas KBN Marunda.

    Ditnarkoba Polda Metro bongkar sabu Taiwan. ©2017 Merdeka.com/Ronald Chaniago

    Setelah mendapatkan laporan, tim Polda Metro Jaya melakukan penelusuran. Ternyata di dalam kontainer tersebut ada dua unit forklift yang diduga berisi narkotika.

    “Modusnya memasukkan barang ini untuk dikirim antar negara dari Taiwan ke Indonesia dengan memasukkan ke dalam kendaraan,” katanya.

    Sementara itu, Diresnarkoba Polda Metro Jaya Kombes Suwondo Nainggolan menambahkan, temuan forklift itu tak langsung dibongkar. Terlebih dahulu mereka membiarkan barang itu sampai ke si penerima dan selanjutnya langsung meringkus tersangka.

    “Kita koordinasi dengan Ditjen Bea Cukai. Kita biarkan barang ini sampai ke pemiliknya dan kita penindakan pada saat barang sampai dan sudah dibuka, diturunkan, dan bodi penyimpanan sudah dibongkar tersangka, lalu kita tegakkan upaya hukum,” ujar Suwondo.

    Menurut Suwondo, barang haram itu dikemas rapih. Bahkan material yang digunakan untuk menyelundupkan pun berhasil menembus x-ray.

    “Menggunakan besi dan timah. Dibungkus plastik keras dua lapis baru dibungkus pakai gemuk. Dia bikin body yang isinya sudah ada sabu baru dipasang (ke froklift). Dikemas dengan lapisan oli sehingga tidak terdeteksi x-ray,” pungkas Suwondo.

    Sumber: merdeka.com



    Komentar Pembaca: