Polres Indragiri Hilir Gagalkan Penyelundupan Bibit Lobster Senilai Rp 32 Miliar

    Selasa, 21 Agustus 2018 - 10:45 Editor : Redaksi Dibaca : 102 Views

    Menit.co.id Polres Indragiri Hilir menggagalkan penyelundupan bibir baby lobster yang akan dikirim ke Singapura. Empat orang tersangka penyelundup bibit senilai Rp 32 miliar itu turut diamankan polisi.

    “Empat tersangka ini akan membawa bibit baby lobster ke Singapura, dan kita berhasil menangkapnya di Jalan Lintas Desa Kuala Keritang,” ujar Kapolres Indragiri Hilir AKBP Christian Rony Putra, kepada merdeka.com, Senin (20/8).

    Penangkapan ini berkat informasi dari masyarakat yang diperoleh Kapolsek Keritang, AKP Lassarus Sinaga. Informasi menyebutkan ada dua unit mobil berasal dari Kota Jambi, mengangkut bibit lobster yang diduga akan dibawa ke luar negeri.

    Atas informasi tersebut, Kapolsek memerintahkan Unit Opsnal Polsek Keritang untuk melakukan penyelidikan dan kemudian mengamankan 1 unit mobil inova BH 1178 LM dengan 15 kotak berisikan bibit lobster dan 1 unit mobil avanza B 1371 SRA berisikan 12 kotak bibit lobster senilai Rp32 miliar.

    “Tersangka kita jerat dengan pasal 88 Jo Pasal 17 Ayat (1) dan atau Pasal 100 Jo Pasal 7 Ayat (2) huruf q UU RI nomor 45 Tahun 2009 tentang Perubahan UU nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan,” kata Christian.

    Keempat tersangka masing-masing, ZA (50), warga Kelurahan Pasir Putih, Kota Jambi. Berikutnya, ARS (22) juga beralamat Kelurahan Pasir Putih, Kota Jambi. Selanjutnya, Mar (45), warga Kelurahan Pematang Gajah, Kecamatan, Jambi Luar Kota Putih Jambi. Terakhir, RH (38) warga Kelurahan Rantau Panjang, Kecamatan Tabir Jambi.

    “Tersangka Mar dan RH ini perannya sebagai sopir yang membawa bibit tersebut menuju pelabuhan untuk selanjutnya dikirim ke Singapura,” pungkas perwira menengah jebolan Akademi Kepolisian tahun 1998 ini.

    (mdk/mdk)



    Komentar Pembaca: